Selamat Datang di Website Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat
Peta Situs  Kontak    Mail    Login   
Sabtu,   1 November 2014
 
Rehabilitasi Hutan, Bantuan untuk Kelompok KBR

Pemerintah serius merehabilitasi lahan kritis. Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan akan memberikan bantuan kepada 55 kelompok hutan kemasyarakatan dan hutan rakyat di Lampung. Bantuan untuk Kebun Bibit Rakyat (KBR) itu, diberikan dalam acara di Gedung Islamic Centre, Kabupaten Tanggamus,  Lampung, Rabu (01/09).

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Tanggamus, FB Karjiyono, di Kotaagung, Selasa  (31/08) mengatakan, kelompok hutan kemasyarakatan itu akan mendapat bantuan bibit tanaman jenis kayu-kayuan dan jenis tanaman serba guna.

Kelompok penerima bantuan diharapkan mampu mengembalikan hutan sesuai fungsinya. Caranya, merehabilitasi lahan kritis baik di kawasan hutan lindung maupun hutan rakyat. Program rehabilitasi hutan tersebut sudah harus dilaksanakan September-Desember  2010.

Sebanyak 55 kelompok penerima bantuan dari Kementerian Kehutanan itu berasal dari 20 Kecamatan, di Kabupaten Tanggamus. Mereka bagian dari kelompok Kebun Bibit Rakyat (KBR), melalui kelompok Hutan Kemasyarakatan (HKM) dan Kelompok Hutan Rakyat (HKR).

Menurut Karjiyono, tiap kelompok dapat mengelola tanaman kayu-kayuan dan tanaman serba guna disesuaikan dengan keinginan kelompok masing-masing. Kegiatan kebun bibit rakyat itu menggunakan anggaran APBN senilai Rp2.75 miliar.

Sebelumnya, penerimaan bantuan itu terlebih dahulu mengajukan permohonan bantuan ke Dinas Kehutanan. Mereka harus melewati penilaian oleh Dinas Kehutanan dan Badan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BP-DAS).

Tiap KBR beranggotakan antara 50-70 orang. Masing-masing kelompok KBR harus menyediakan bibit sejumlah minimal 50 ribu batang dengan nilai bantuan Rp50.000.000 per kelompok. (mun/na)



Sumber ( Politik Indonesia)

  >> Ke Indeks Berita 




Polling
  Menurut Anda Populasi pohon di Kota Bandung
Sangat Banyak
Cukup Banyak
Kurang Banyak
Sedikit
Sangat Kurang


Peta Kawasan Hutan
Pelayanan



 

Copyright © Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat