Macan Kumbang Tampomas Turun Gunung

Macan kumbang ternyata kerap turun gunung dan berkeliaran di kawasan Curug Ciputrawangi di lereng Gunung Tampomas. Kawasan kaki gunung di Desa Narimbang, Kecamatan Conggeang, Sumedang.

"Kalau ingin melihat satwa liar turun gunung untuk minum itu datang saja pukul dua siang ke Curug Ciputrawangi. Kita bisa melihat hewan liar yang minum air," kata Edah Jubaedah, peneliti dari Yayasan Pedaringan Tampomas, Selasa (2/11).

Ia menyebutkan, hewan liar yang turun untuk minum adalah anjing hutan, babi hutan, landak, monyet sampai macan kumbang.

"Kalau kebetulan, bisa melihat macan kumbang yang turun untuk minum. Data yang dimiliki kami ada empat macam kumbang yang ada di kawasan ini," kata Edah.

Macam kumbang dengan kulit hitam legam itu bahkan sering dijumpai warga setempat. "Kalau malam hari, kedua matanya terlihat seperti menyala. Warga sudah tahu itu macam kumbang," katanya.

Hewan-hewan liar ini tak pernah mengganggu warga yang ada di lereng dan kaki Gunung Tampomas di Narimbang. "Karena di sini alam masih dijaga, sehingga hewan liar itu tak terusik dan mengganggu warga di sini. Hewan itu hanya turun untuk minum dan tidak masuk ke perkampungan," katanya lagi.

Kawasan curug Ciputrawangi baru dibuka dan dikelola tahun 2007 oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) KPH Sumedang Perum Perhutani Unit III Jawa Barat-Banten. Kawasan ini juga menjadi posko satu untuk mendaki Gunung Tampomas jalur Narimbang.

Menurut Edah, warga di sana masih menjaga kelestarian hutan karena banyak larangan. Ketabuan itu sampai sekarang masih dijaga, sehingga kehidupan manusia dengan alam terjaga dan serasi.

"Pernah ada warga yang menembak monyet, dan ternyata dia bertingkah seperti monyet saat keluar dari kawasan itu. Oleh tetua kampung, lalu dibawa masuk lagi ke hutan dan untuk minta maaf. Orang itu tak lagi bertingkah seperti monyet," kata Edah.



Sumber ( Tribun Jabar)

  >> Ke Indeks Berita 

Polling

  Berapa banyak pohon yang anda tanam dalam setahun?
1 - 5 pohon
5 - 10 pohon
10 - 15 pohon
lebih dari 15 pohon
tidak menanam pohon

Home   Contact   Email   LogIn



Copyright © 2019 Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat