Tahun 2007, Dishut Jabar Akan Ajukan Penanaman Mangrove

Tanaman Mangrove

Kadishut Jabar, Wawan Ridwan (24/11), dalam keterangannya kepada jabar..go.id mengemukakan Dishut Jabar, di tahun 2007 telah merencanakan program penanaman mangrove yang lokasinya di Pantura.

 

Program tersebut, rencananya masih dalam bentuk pylot project, dengan luas areal yang jadi sasarannya masih dalam scope kecil yaitu 25 Ha. Alasannya, penataan mangrove hingga kini masih menemui kendala.

 

Kendalanya, adalah kepemilikan lahan. Hal yang menjadi pangkal persoalannya lahan dengan status kepemilikannya milik Negara banyak dikuasai oleh masyarakat dan tambak-tambak banyak yang dikuasai oleh para pemilik modal.

 

Kenyataan tersebut, menyebabkan penanaman manrove sulit dilakukan sebab ada sebagian masyarakat yang mencabut bahkan menghancurkan tanaman mangrove. Solusinya, agar penanaman mangrove dapat dilakukan secara maksimal, masalah lahan harus terlebih dahulu dituntaskan.

 

Tentang penuntasan masalah lahan, menurut Wawan, tidak hanya memerlukan dana yang cukup besar, akan tetapi membutuhkan koordinasi lintas pihak.

 

Pada kenyataannya,  lahan sebagai kendala dalam program penanaman mangrove menunjukkan dari proses penanaman dan teknologi merupakan hal yang susah. Pemprov. Jabar, dalam merealisasikan program penanaman mangrove telah mempersiapkan jenis teknologi yang akan dipergunakan serta teknologi penanamannya, demikian Wawan.

 



:
  • Dishut Jabar Sosialisasikan Sistem Dokumen Kayu Rakyat
  • Mari Kita Ciptakan Budaya Rumah Ozon
  • Target IPM Jabar 2010 Mustahil
  • IPM Jabar
  • Menhut Canangkan Model RHLP

    Sumber ( jabar.go.id)

  •   >> Ke Indeks Berita 

    Link

    Polling

      Berapa banyak pohon yang anda tanam dalam setahun?
    1 - 5 pohon
    5 - 10 pohon
    10 - 15 pohon
    lebih dari 15 pohon
    tidak menanam pohon