Menhut Canangkan Model RHLP

            Menteri Kehutanan (Menhut) H. MS. Kaban, mencangkan dimulainya model Rehabilitasi Hutan dan Lahan Partisipatif (RHLP), di Kampung Pakuon, Desa Cikanyere Kecamatan Sukaresmi Kab. Cianjur, ditandi dengan penanaman phon, beberapa waktu lalu. Kegiatan ini merupakan kerja sama anatara Departemen Kehutanan (Dephut), Pemda Cianjur, IPB Bogor, Taman Nasional Gede Pangrango, USAID Indonesia beserta sejumlah kelompok tani setempat. Model RHLP di Cianjur ini adalah satu-satunya di Indonesia. Kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk rehabilitasi hutan dan laha, dimana masyarakat memiliki akses yang lebih besar mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai dengan monitoring.

            Menhut H. MS. Kaban, pada kesempatan itu menyebutkan, terjadinya degradasi sumber daya alam setiap tahun, menyebabkan terjadinya lahan kritis yang nantiny akan berimbas pada munculnya keluarga miskin dan pemubaziran sumberdaya alam. Kerusakan hutan dan alam di Indonesia sebagai akibat minimnya masyarakat yang memerhatikan aspek-aspek kenservasi hutan dan lahan. “Mulai sekarang kita harus melakukan berbagai upaya kearah perbaikan lingkungan, salah satunya dengan melakukan rehabilitasi hutan dan lahan kritis,” ujarnya.

            Dengan adanya kesadaran partisipatif dari masyarakat terhadap lingkungan, tambahnya, akan dapat membantu dalam menjaga dan kelestarian hutan dan lahan kritis khususnya di wilayah Kab. Cainjur.” Kita harus melindungi semua sumber daya alam yang kita miliki. Jangan sampai lahan yang seharusnya kita jaga, dirusak oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab,” Kata Kaban.

            Menurut data, Kab. Cianjur memiliki luas hutan sekitar 109.589,16 ha atau 31,30 % dari luas wilayah 350.148 ha. Dari luas hutan sebesar itu, seluas 20.664,95 hektar hutan rakyat. Sedangkan yang menjadi sasaran program RHLP dikawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, seluas 50 hektar dan diluar kawasan hutan seluas 200 hektar. Kegiatan ini, yang berada di kawasan melibatkan beberapa kelompok tani dengan jumlah anggota sebanyak 306 orang dan diluar kawasan sebanyak 5 kelompok (300 orang anggota)



:
  • Tahun 2007, Dishut Jabar Akan Ajukan Penanaman Mangrove
  • Dishut Jabar Sosialisasikan Sistem Dokumen Kayu Rakyat
  • Mari Kita Ciptakan Budaya Rumah Ozon
  • Target IPM Jabar 2010 Mustahil
  • IPM Jabar

    Sumber ( Mediadas)

  •   >> Ke Indeks Berita 

    Link

    Polling

      Berapa banyak pohon yang anda tanam dalam setahun?
    1 - 5 pohon
    5 - 10 pohon
    10 - 15 pohon
    lebih dari 15 pohon
    tidak menanam pohon