Selamat Datang di Website Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat
Peta Situs  Kontak    Mail    Login   
Kamis,   23 November 2017
 
BKPH Banjar Selatan Tanam Ribuan Pohon

BANJAR - Mengurangi dampak global warning dan ancaman musibah bencana alam berupa tanah longsor dan banjir bandang di kawasan lereng Gunung Sangkur, Perum Perhutani BKPH (Bagian Kesatuan Pemangku Hutan) Banjar Selatan melakukan penanaman di lokasi Petak 57a RPH Banjar, BKPH Banjar Selatan, Kelurahan Hegarsari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar Jawa Barat.

Kegiatan itu diikuti sekitar 200 peserta, terdiri dari berbagai unsur, di antaranya pengawai Perhutani di wilayah BKPH Banjar Selatan, Unsur Pemerintahan Kota Banjar, BPBD Kota Banjar, FIF Grup Banjar, serta Tokoh Masyarakat dan Pemuda di sekitar lereng Gunung Sangkur.

Kepala Perum Perhutani BKPH (Bagian Kesatuan Pemangku Hutan) Banjar Selatan, Alex D. Budi Martanto, mengatakan, jumlah bibit pohon yang ditanam di wilayah Petak 57a RPH Banjar, BKPH Banjar Selatan, Kelurahan Hegarsari, yang memiliki luas wilayah sekitar 9, 85 hektar tersebut, berjumlah sekitar 11.468 bibit pohon, terdiri dari bibit pohon jati 8.668 pohon, dan bibit pohon buah-buahan, yang terdiri bibit pohon durian, jambu , dan sirsak, 2.800 pohon.

Menurut Alex, bibit pohon buah-buahan itu dipilih lantaran akarnya kuat, memiliki manfaat sosial, dan hasilnya bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar.

"Reboisasi massal ini dilakukan dalam rangka mengurangi dampak global warning , mencegah kerusakan ekosistem, upaya pencegahan mitigasi potensi bencana alam, dan menjaga kelestarian alam di sekitar wilayah Gunung Sangkur," ujar Alex, saat ditemui di sela kegiatan penanaman pohon, Minggu (12/11/2027).

Kawasan Petak 57a RPH Banjar, dipilih sebagai salah satu lokasi kegiatan penanaman bibit pohon oleh pihak perhutani, karena wilayah tersebut merupakan daerah perbukitan yang sangat rawan longsor. Wilayah tersebut membutuhkan banyak sekali pohon penopang untuk menyerap air, saat hujan mengguyur wilayah tersebut.

Alex menambahkan, selain penanaman pohon di wilayah Gunung Sangkur, pihak Perum Perhutani BKPH (Bagian Kesatuan Pemangku Hutan) Banjar Selatan, juga melakukan penanaman bibit pohon di empat lokasi yang berbeda di sekitar Gunung Geger Bentang, yaitu di wilayah Desa Pamarican dan Sukahurip dengan luas wilayah hutan sekitar 14,5 hektar, wilayah Desa Sidamulih 5,25 hektar, serta wilayah Pongporang, Kecamatan Banjarsari 10 hektar, dengan jumlah bibit pohon jati dan buah-buahan yang akan ditanam di wilayah tersebut sekitar 38.000 bibit pohon.




Sumber ( https://www.cendananews.com/2017/11/bkph-banjar-selatan-tanam-ribuan-pohon.html)

  >> Ke Indeks Berita 




Polling
  Menurut Anda Populasi pohon di Kota Bandung
Sangat Banyak
Cukup Banyak
Kurang Banyak
Sedikit
Sangat Kurang


Peta Kawasan Hutan
Pelayanan



 

Copyright © Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat