Sejarah Etnis Sunda di Sumatera Utara

HASIL seminar nasional yang dilakukan pengurus Paguyuban Pasundan tentang awal mula masuknya entis sunda di Sumatera Utara, terungkap bahwa masyarakat sunda sudah datang pada akhir abad ke-19 tepatnya tahun 1875. Mereka awalnya berjumlah 250 orang yang mayoritas bekerja di perkebunan.

"Kami simpulkan bahwa etnis sunda masuk ke Sumut ini pada akhir abad ke 19 tepatnya tahun 1875 awalnya sebanyak 250 orang sebagai pekerja," kata Yonny Anwar, ketua Paguyuban Pasundan provinsi Sumut.

Dari tahun ke tahun jumlah etnis sunda semakin bertambah. Mereka tinggal di kawasan yang dekat dengan hutan jati. Bahkan wilayah hutan yang kini telah berubah menjadi jalan raya tersebut dinamai jalan Pasundan oleh pemerintah daerah tahun 1977.

"Ada sejarahnya bahwa dulu orang sunda masuk ke Medan menempati satu daerah yang dulunya hutan jati dan sekarang sudah menjadi jalan raya, karena di daerah itu mayoritas orang sunda maka pada tahun 1977 diresmikanlah nama jalan Pasundan," jelasnya.

Yonny bersama warga sunda di Sumut bertekad, akan terus melestarikan seni budaya sunda. Ia mengatakan saat ini seni pencak silat begitu marak dan digandrungi warga Sumut.

"Kami ingin menghidupkan seni budaya sunda disini. Sekarang ada perguruan pencak silat Cikalong, Cimande dan masih banyak lagi dan sudah disukai warga Sumut," ujarnya. 


Editor: Dadang Setiawan




Sumber ( http://www.galamedianews.com/bandung-raya/216762/sejarah-etnis-sunda-di-sumatera-utara.html)

  >> Ke Indeks Berita 

Polling

  Berapa banyak pohon yang anda tanam dalam setahun?
1 - 5 pohon
5 - 10 pohon
10 - 15 pohon
lebih dari 15 pohon
tidak menanam pohon

Home   Contact   Email   LogIn



Copyright © 2019 Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat