Dinas Kehutanan Prov Jabar

Untuk Pertamakalinya Jabar Punya Pasar Kopi

Jum'at, 4 Januari 2008

BANDUNG - Untuk pertamakalinya Jawa Barat yang berlimpah hasil kopi, memiliki pasar kopi dan hasil hutan lainnya. Pasar kopi itu untuk sementara bertempat di gedung eks atau bekas mal matahari banceuy di Jl. Banceuy Kota Bandung. Kepala Dinas Kehutanan Jabar Epi Kustiawan mengatakan pasar kopi itu untuk memberi ruang penjualan kepada petani langsung ke pembeli.

"Alhmdulillah ya, akhirnya bisa terwujud berkat kerjasama samua pihak. Pasar kopi dan hasil hutan lainnya ini kita persembahkan kepada petani kopi dan hasil hutan lainnya agar mereka berkesempatan langsung menjual hasil produksinya ke pembeli tanpa melalui perantara" ujar Epi pada pembukaan pasar kopi dan hasil hutan lainnya di eks matahari banceuy, Rabu (4/4/2019).

Menurut Epi, dengan adanya pasar kopi dan hasil hutan lainnya diharapkan benar-benar bisa membantu para petani kopi yang selama ini agak kesulitan memasarkan hasil pertaniannya.

"Lahan mereka kan jauh di pegunungan sementara para pembeli enggan juga menghampiri kebun. Sementara kalau membuka kedai sendiri, butuh modal besar. Nah dengan adanya pasar ini maka antara petani dan pembeli bisa bertransaksi di tempat yang terjangkau" jelasnya.

Di tempat pasar kopi itu juga Epi memaparkan para petani bisa sekaligus belajar memanaj bagaimana upaya dalam penyediaan stok yang berkelanjutan mana kala permintaan pasar sedang tinggi atau sebaliknya. (Pun)



Sumber ( http://jabarprov.go.id/index.php/news/32555/2019/04/04/Untuk-Pertamakalinya-Jabar-Punya-Pasar-Kopi)

Telah Dibaca:112 Kali


Polling

  Berapa banyak pohon yang anda tanam dalam setahun?
1 - 5 pohon
5 - 10 pohon
10 - 15 pohon
lebih dari 15 pohon
tidak menanam pohon

Home   Contact   Email   LogIn



Copyright © 2019 Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat