Dinas Kehutanan Prov Jabar

Pasar Kopi, Wadah Edukasi Petani Kopi

BANDUNG - Para petani kopi di Jabar menyambut gembira hadirnya Pasar Kopi dan Hasil Hutan Lainnya di Jawa Barat. Salah seorang petani dan produsen kopi di Jabar, Tio mengungkapkan, pasar kopi itu selain tempat penjualan hasil tani kopinya, kuga sekaligus menjadi tempat belajar bagi para petani tentang stok dan kualitas.

"Ke depannya ini kan bukan hanya tempat berjualan semata, tetapi bagaimana para petani juga pada alhirnya bisa belajar tentang manajeman stok. Jangan sampai hari ini berjualan, dua tiga hari kedepan nganggur lagi karena stok habis" ujar Tio ditemui di pasar kopi eks mal matahari banceuy kota Bandung, Rabu (4/4/2019)

Menurut Tio yang juga pemilik Poppy Coooffee itu, selama ini petani kppi hanya tau menghasilkan kopi lalu menjualnya tanpa memikirkan bagaimana persediaan ke depan.

"Dengan pola lama seperti itu, kita khawatir penjualan kopi tidak berkesinambungan. Habis stok, lalu berhenti berjualan menunggu panen berikutnya. Bisnis kan tidak seperti itu polanya" ujarnya.

Tio juga berharap si pasar kopi itu nanti tempat sharing para ahli yang memberi pengetahuan tambahan kepada para petani bagaimana cara mengelola kopi dari mulai tanam hingga bisa dinikmati konsumen. (Pun)



Sumber ( http://jabarprov.go.id/index.php/news/32560/2019/04/04/Pasar-Kopi-Wadah-Edukasi-Petani-Kopi)

Telah Dibaca:261 Kali


Polling

  Berapa banyak pohon yang anda tanam dalam setahun?
1 - 5 pohon
5 - 10 pohon
10 - 15 pohon
lebih dari 15 pohon
tidak menanam pohon

Home   Contact   Email   LogIn



Copyright © 2019 Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat