Dinas Kehutanan Prov Jabar

Peringati Hari Bumi, Perhutani KPH Bandung Utara bersama Warlock dan Sejumlah Komunitas Sepakat Lestarikan Hutan

Jum'at, 4 Januari 2008

FOKUS BANDUNG,(Fp) - Peringati Hari Bumi, Perhutani KPH Bandung Utaraberkomitmen dengan sejumlah komunitas pencinta alam dan peduli lingkungan untukmenjaga kelestarian sumber daya alam, hutan dan lingkungan. Hal ini diungkapkanWakil Administratur Perhutani KPH Bandung Utara Diki HM usai mengikuti forumdiskusi Hari Bumi di venue panjat tebing Cikole Lembang.

Diki mengatakan dalamforum diskusi tersebut, selain dibahas ttg Tata Kelola Kawasan Hutan, DasarHukum Pemanfaatan Hutan Lindung, juga salah satu point yang dibahas adalahmengenai dampak negatif dari penyelenggaraan wisata di hutan, sepertikeberadaan sampah yang belum terkelola dan erosi tanah akibat aktifitas safarihutan.


"Konsep penanganan mshdalam proses kajian dan perumusan, kami akan menentukan jalur khusus untuklintasan kendaraan safari hutan, seperti landy, jimny dan lain-lain. Termasukkeberadaan motorcross akan diatur tidak dibiarkan bebas menentukan jalursendiri. Sementara jalur yang sudah terlanjur terbentuk dan tidak dipakai akandireklamasi salah satunya dengan cara membuat sekat sedimentasi dan penanamanpohon di sekitarnya" terangnya.

Diki menuturkan dampak buruk akibat pendalaman tanah karena lindasankendaraan yang paling nyata adalah terjadinya erosi. Oleh sebab itu, pihaknyamengajak kepada seluruh masyarakat untuk sadar dan sama-sama turut andilmenjaga pelestarian hutan.

"Mengenai penyelenggaraan wisata fokus utama kami sebenarnya lebihkepada bagaimana pengunjung menikmati suasana dan pemandangan alam di kawasanhutan. Adapun untuk safari hutan akan diatur, dimana ada bagian yg lebihmenjual suasana atau pemandangan dan akan ditetapkan beberapa titik dimanapengunjung bisa merasakan sensasi berkendaraan 4 wheel atau offroad."ungkapnya.

Diki menerangkan secara aturan dasarnya kendaraan memang dilarang memasukiarea atau jalur sembarangan di luar jalur yang sudah ditentukan. Namun, padapada kenyataannya di lapangan banyak jalan yang dimanfaatkan sebagai pintumasuk bagi kendaraan untuk mencari jalur yang menantang, khususnya untukmotorcross.

Oleh sebab itu, mengingat bahwa hutan memiliki manfaat publik, pihaknyaberharap semua pihak bisa sadar, peduli untuk menjaga dan mengawal kelestarianhutan secara bersama. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkandikemudian hari.

Sementara itu sebagai tindaklanjut diskusi Hari Bumi, sejumlah muda-mudidari berbagai komunitas peduli lingkungan yang digawangi komunitas Warlockdengan pengawalan Perhutani BKPH Lembang dan jajaran Kam KPH Bandung Utaramelaksanakan aksi simulasi membuat sekat sedimentasi di area jalur kendaraanyang sudah tidak terpakai di kawasan hutan Cikole Lembang, Minggu (21/4/2019) kemarin..

Jurnalis : Fajar


Sumber ( https://www.fokuspriangan.com/2019/04/22/peringati-hari-bumi-perhutani-kph-bandung-utara-bersama-warlock-dan-sejumlah-komunitas-sepakat-lestarikan-hutan/)

Telah Dibaca:76 Kali


Polling

  Berapa banyak pohon yang anda tanam dalam setahun?
1 - 5 pohon
5 - 10 pohon
10 - 15 pohon
lebih dari 15 pohon
tidak menanam pohon

Home   Contact   Email   LogIn



Copyright © 2019 Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat