Dinas Kehutanan Prov Jabar

Menyusuri Sungai di Tengah Hutan

Menikmati suasana pantai saat berlibur ke Pangandaran sudah biasa, namun mencoba menikmati aliran sungai yang jernih di tengah hutan tentu akan menjadi pengalaman baru yang mengesankan. Untuk itu, Anda bisa berwisata di Citumang, Desa Bojong Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran.

Berada di kawasan hutan lindung dalam pengelolaan Perum Perhutani, Citumang menjadi salah satu objek wisata alam yang bisa dinikmati wisatawan.

Sungainya membelah hutan dengan batu-batuan alam yang dihimpit pohon-pohon besar khas hutan hujan tropis. Tak heran jika kawasan ini menawarkan kesejukan alami.

Keasrian Citumang begitu mempesona. Itu menjadi salah satu destinasi yang banyak dikunjungi saat ini. Tidak hanya wisatawan lokal, namun juga mancanegara.

Citumang kini dikemas menjadi arena body rafting yang bisa dinikmati wisatawan berbagai usia. Lokasi dan letak sungainya mudah dijangkau, hanya sekitar 300 meter dari loket pintu masuk. Debit aliran sungainya cukup tenang, namun menantang sehingga dapat menciptakan keseruan bagi para peserta body rafting.

"Sekarang sudah banyak yang tahu Citumang jadi wisatawan banyak yang berkunjung. Kalau liburan tingkat kunjungannya bisa naik tiga kali lipat, termasuk juga wisatawan asing," tutur Wawan, petugas di objek wisata Citumang saat berbincang dengan Radar.

Jarak tempuh dari Pantai Pangandaran ke Citumang sekitar 30 menit. Akses jalan bisa dilalui kendaraan roda empat, namun belum bisa dilalui bus besar sehingga harus menggunakan kendaraan lebih kecil untuk menuju ke lokasi.

Akses jalan cukup bagus, hanya tinggal sekitar 3 kilometer yang belum diaspal sehingga kurang nyaman. Namun semuanya akan terbayar dengan suasana yang mempesona di sepanjang sungai Citumang.

Untuk menikmati sungainya yang jernih, wisatawan akan ditemani pemandu wisata sehingga perjalanan menyusuri sungai tetap aman dan dalam pengawasan.

Sebelum basah-basahan, wisatawan wajib menggunakan jaket pelampung dan akan lebih dulu diberikan pengarahan oleh para pemandu wisata. Beberapa tantangan akan ditawarkan, misalnya loncat dari atas batu atau berayun diatas tali dan meluncur dari ketinggian.

Saat ini, ada sekitar 190 pemandu wisata yang terbagi di dua tempat pemberangkatan wisatawan. Yakni di area parkir 1 dan 2. Semuanya, merupakan warga lokal yang sudah sangat paham dengan karakteristik Sungai Citumang.

"Semua wisatawan yang body rafting kita dampingi dari awal sampai akhir," ujar Faisal, salah seorang pemandu wisata.
Munawir (34), salah seorang wisatawan asal Bandung mengaku sangat menikmati liburannya.

"Saya baru pertama kali ke sini, ternyata seru juga, bisa menyusuri sungai yang bagus pemandangannya. Bareng-bareng juga sama keluarga jadi ramai dan anak-anak juga enggak takut," ujarnya.

Ia mengetahui objek wisata Citumang dari pemandu wisata saat dirinya bermain wahana water sport di Pantai Timur.

"Saya ditawari destinasi selain pantai, setelah melihat foto-fotonya tertarik juga dan ternyata tempatnya asyik, masih alami dan sejuk banget, airnya jernih," ujarnya. (nay)



Sumber ( https://www.radartasikmalaya.com/menyusuri-sungai-di-tengah-hutan/)

Telah Dibaca:375 Kali


Polling

  Berapa banyak pohon yang anda tanam dalam setahun?
1 - 5 pohon
5 - 10 pohon
10 - 15 pohon
lebih dari 15 pohon
tidak menanam pohon

Home   Contact   Email   LogIn



Copyright © 2019 Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat