Selamat Datang di Website Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat
Peta Situs  Kontak    Mail    Login   
Senin,   22 Januari 2018
 
Jejak Inspiratif Warga Jabar Berjuang Tanam dan Rawat Pohon

Bandung - "Jangan lupa nanti menanam pohon lagi. Saya berterima kasih bahwa Jawa Barat selalu dalam suasana ingin memelihara lingkungan," ucap Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

Sepenggal pesan ajakan tersebut dilontarkan Siti sewaktu berkunjung ke Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu 22 November 2017. Ia meyambangi Garut untuk meresmikan program Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) daerah aliran sungai (DAS) Cimanuk yang rusak diterjang banjir bandang pada 2016.

Umumnya orang mengetahui bahwa manfaat pohon dapat mengurangi kadar CO2 di udara. Pohon juga menghasilkan oksigen. Selain itu, keberadaan pohon mampu membendung lajur air yang bakal menyerap ke dalam tanah.

Tiap tahunnya atau tepat 10 Januari, seantero masyarakat dunia memperingati Hari Sejuta Pohon. Selama ini kegiatan seremoni gerakan `Satu Juta Pohon` di penjuru nusantara kerap dibesut unsur pemerintah, perusahaan swasta dan kelompok masyarakat.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengklaim sejak 2014 hingga 2016 sudah sekitar5 miliar pohon berhasil ditanam. Penanaman pohon ini dilakukan merata di seluruh wilayah.

Seruan menanam pohon di Indonesia digelorakan pemerintah sejak 2009. Penguatnya berdasarkan Keprres No.24 Tahun 2008 tentang Hari Menanam Pohon Indonesia dan imbauan Presiden RI yang tercantum dalam Surat Menteri Kehutanan RI Nomor S.86/Menhut-V/2009.

Selagi bertandang ke Yogyakarta, Presiden Joko Widodo sempat mengingatkan agar program menanam pohon tak sekadar seremonial belaka. Jokowi ingin gerakan tanam pohon benar-benar bermanfaat bagi masyarakat.

"Jangan hanya manajemen seremonial, nanam 1 miliar, 1 juta pohon (kemudian) lupakan. Rakyat senang hal konkret, nyata dan ada manfaat nyata, dan ada yang bisa kita lihat fisiknya karena menyangkut anggaran yang sangat banyak," ucap Jokowi saat acarapenanaman pohon di Desa Karangasem, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, Sabtu 9 Desember 2017.

Hari Sejuta Pohon boleh dibilang tak semarak perayaan hari lainnya. Pesan Jokowi dan ajakan Menteri Siti berkaitan gerakan tanam pohon pun tidak lantas diacuhkan oleh masyarakat.

Namun jangan lupa pula mengapresiasi masyarakat yang setia mengawal kelestarian lingkungan. Sebagai bukti, muncul warga serta komunitas di Jawa Barat konsisten berjuang menanam dan merawat pohon.

Segelintir jejak inspiratif orang-orang hebat ini terekam abadi. Aksi mereka nyata. Perannya bukan pura-pura.

Memet Achmad Surachman, misalnya. Lelaki gaek kelahiran Bandung 29 November 1953 ini dikenal sebagai aktivis lingkungan.

Eyang Memet, sapaannya, tak henti mengajak ragam usia dan kalangan untuk menjaga lingkungan dengan cara menanam pohon.

"Anak muda zaman sekarang belum banyak yang gemar menanam pohon. Gerakan menanam harus dimasukan ke dalam kurikulum dan ekstrakurikuler," ujar Eyang Memet kepada detikcom, Selasa (9/1) kemarin.

Di Kabupaten Bandung, hadir seorang polisi bernama U Nunuh Sutisna. Ia berjuluk `Manusia Pohon`.

Nunuh menyebut bahwa manusia bergantung kepada alam. Dia bergerak menanam pohon di beberapa lahan daerah Kabupaten Bandung. Nunuh mengklaim sudah sekitar 40 ribu aneka jenis pohon ditanam dan dibagikan kepada masyarakat untuk penghijauan di sejumlah daerah Bandung Raya, Sumedang dan Garut.

"Timbal balik menanam pohon, kalau kita jaga alam, alam jaga kita. Kita sudah menerima kebaikan dari alam, nikmat dari Allah. Maka kita pun harus menjaga alam," tutur Nunuh.

Sosok lainnya yaitu pria uzur bernama Sariban. Pejuang kebersihan di Kota Bandung ini mendunia karena aktivitasnya pernah diberitakan oleh media Aljazeera pada Mei 2017.

Selama ini Sariban sangat cinta pohon. Ia tak mau pohon-pohon menderita. Dia rajin mencabut paku-paku untuk sarana reklame yang menancap di pohon.

Mereka tak sendirian. Selalu ada jejak dan kisah inspiratif lainnya soal geliat para pegiat lingkungan di Jawa Barat.


Selamat Hari Sejuta Pohon!



Sumber ( https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-3807313/jejak-inspiratif-warga-jabar-berjuang-tanam-dan-rawat-pohon)

  >> Ke Indeks Berita 




Polling
  Menurut Anda Populasi pohon di Kota Bandung
Sangat Banyak
Cukup Banyak
Kurang Banyak
Sedikit
Sangat Kurang


Peta Kawasan Hutan
Pelayanan



 

Copyright © Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat