Selamat Datang di Website Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat
Peta Situs  Kontak    Mail    Login   
Sabtu,   18 November 2017
 
 Rotan
 Sutera Alam
 Bambu
 Lebah Madu
 Jamur Kayu

ROTAN


Rotan dan Penyebarannya

Secara umum Rotan tumbuh baik didaerah hutan hujan tropika, baik pada hutanprimer maupun hutan sekunder pada ketinggian sampaidengan 1500 meter diataspermukaan laut. Di dunia ini rotan menyebar mulai dari kepulauan Fiji di timursampai ke Afrika bagian barat, Cina Selatan di Utara sampai ke Australia Utaradi bagian Selatan, demikian halnya di Asia Tenggara  terutama Indonesia dijumpai paling banyak jenisrotannya.

Rotan Tumbuh merambat dan dapat mencapai seratus meter atau Iebih. Penanamanrotan telah dilakukan baik secara tradisonal maupun komersial. Bibit rotanpenanamannya biasa dipakai bibit liar yang berasal dari permudaan alam dan daribiji yang diunduh yaitu disemaikan.

Perkembangan Industri pengolahan terpusat di pulau Jawa khususnya di Jawa Baratseperti di Cirebon dan Tasikmalaya, sedangkan diluar pulau Jawa sebagaian besarhanya penghasil bahan baku dan mampu mengolah sampai menjadi rotan asalan danrotan bulat.

Hasil Produksi Dan Kegunaannya

Rotan merupakan komoditas yang cukup penting dalam tatanan kehidupan bangsa Indonesiakhususnya di Jawa Barat baik secara sosial budaya, ekonomi, maupun sebagaipenyangga kehidupan masyarakat. Sejak dikeluarkannya larangan eksport rotan mentahdan rotan setengah jadi pertumbuhan industri pengolahan rotan semakinmeningkat. Hasil Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Hasil Hutan (Bogor) yaitu dalam proses Pengolahan rotan meliputi sifat kimia. penggorengan, pengeringan, pemutihan,serangan jamur dan iradiasi, dan rotan itu sendiri harus diperhatikan agarrnemperoleh hasil produksi yang memuaskan.


Sampai kapanpun tampaknya hasil produksi seperti berupa mebel rotan atau perabot rumah tangga lainnya yang terbuat dan rotan akan tetap disukai orangkarena sitatnya yang khas. unik dan eksoti, bahkan ciri khas dimiliki rotanbelum bisa diganti oleh kayu, plastik, metal ataupun rotan tiruan sepertihalnya yang dilakukan oleh negara Taiwan. Keunikan rotan terletakpada kemampuannya yang khas, bangga memilikinya selain itu perabot rotanmemberikan kesan rilek dan bersahabat sifat pemiliknya disamping sifatnya yangsedemikian unik, ekonornis, secara fisik jauh lebih ringan hingga mudah dipindahkan letak dan posisinya.

Edit Terakhir : 26-11-2007 05:05:57
 




Polling
  Menurut Anda Populasi pohon di Kota Bandung
Sangat Banyak
Cukup Banyak
Kurang Banyak
Sedikit
Sangat Kurang


Peta Kawasan Hutan
Pelayanan



 

Copyright © Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat