Selamat Datang di Website Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat
Peta Situs  Kontak    Mail    Login   
Kamis,   23 November 2017
 
 Rotan
 Sutera Alam
 Bambu
 Lebah Madu
 Jamur Kayu

SUTERA ALAM


Budidaya Murbai dan Penyebarannya

Budidaya sutera alam merupakan aneka usaha agrobisnis yang bisa rneningkatkan produktivitas lahan marginal, meningkatkan sumber daya manusia local serta upaya mempertahankan sidementasi dan konservasi. Di Jawa Sarat budi daya sutera alam ini tersebar di beberapa kabupaten diantaranya Garut, Bandung, Cianjur, Sukabumi, dan Tasikmalaya. Budi daya sutera alam merupakan salah satu mata rantai kegiatan yang cukup panjang dimana kegiatan tersebut meliputi; Penanaman bibit murbai, pembibitan ulat sutera dan pemeliharaannya sampai proses kokon, pemintalan dan penenunan.

Kegiatan penanaman murbai yang dapat dipandang sebagai suatu proses usaha tani yaitu proses penggunaan faktor-faktor produksi yang ditujukan bagi perolehan hasil produk pertanian berupa
daun murbai yang akan dipergunakan sebagai pakan ulat. maka perlu diperhatikan teknik budidaya murbai tersebut mulai dari Jenis tanaman. cara penanaman, cara pengendalian hama dan penyakit, pemeliharaan, pemangkasan, dan pemanenan daun agar memperoleh daun murbai yang diinginkan.

Pemeliharaan Ulat Sutera

Sebagaimana halnya kelompok serangga, ulat sutera dalam kehidupannya terbagi kedalam beberapa stadium, namun pada umumnya diklasifikasikan sebagai ulat kecil sampai dengan ulat besar. Untuk menjamin pertumbuhan ulat tersebut harus diperhatikan sesuai dengan kelompoknya, karena sangat riskan terhadap kelembaban, serangan penyakit, dan lain-lain.

Hasil Produksi Dan kegunaannya

Dalam budidaya sutera alam apabila sudah mencapai kokon. maka proses produksi selanjutnya adalah pembuatan benang dan penenunan sampai menjadi kain sutera.

Edit Terakhir : 26-11-2007 05:05:19
 




Polling
  Menurut Anda Populasi pohon di Kota Bandung
Sangat Banyak
Cukup Banyak
Kurang Banyak
Sedikit
Sangat Kurang


Peta Kawasan Hutan
Pelayanan



 

Copyright © Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat