Selamat Datang di Website Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat
Peta Situs  Kontak    Mail    Login   
Kamis,   23 November 2017
 
 Rotan
 Sutera Alam
 Bambu
 Lebah Madu
 Jamur Kayu

LEBAH MADU


Lebah Madu Dan Penyebaraannya

Pada mulanya lebah hidup di hutan-hutan, di Indonesia lebah telah lama dikenal oleh masyarakat terutama oleh masyarakat di pedesaan hal ini dapat dibuktikan dengan nama lebah dalam bahasa daerah misalnya nyiruan (sunda), tawon (jawa), nyawan (bali) dan sebagainya. Lebah adalah salah satu potensi yang sangat besar di Indonesia karena Indonesia mempunyat hutan alam yang sangat luas, karena hutan (pepohonan) adalah tempat yang paling ideal untuk kehidupan, berkembang biak, dan berproduksinya lebah madu. Sejak dibukanya pelatihan pelebahan nasional pada tahun 1973 oleh pemerintah, maka budidaya perlebahan semakin berkembang.
 
Secara umum lebah ada yang sudah dibudidayakan ada juga yang belum dapat dibudidayakan, karena lebah terdiri dan beberapa spesies, diantaranya:
  1. Lebah Apis koschevn ikovi lebah ini merupakan species yang baru di kenal oleh beberapa ilmuwan, dan terdapat di pulau Kalimantan dan Sumatra bagian Barat. Ciri yang paling menonjol dari lebah ini terdapat warna metal disebagian besar tubuh dengan ukuran tubuh sedikit lebih besar dari Apis Cerana.
  2. Lebah Apis Mellifera Lebah madu ini merupakan jenis lebah yang utama dibudidayakan hampir disemua Negara-negara di dunia, termasuk di Indonesia. Jenis lebah ini di sebut juga dengan lebah hitam atau lebah coklat Eropa, Apis mellifera ligusta, lebah kuning Italia, Apis Mellifera carnica, dan Iebah kelabu carniola.
  3. Lebab Apis Cerana adalah lebah madu asli Asia yang menyebar mulai dari Afganistan, Cina sampai Jepang. Lebah ini telah berabad abad dipelihara diberbagai wilayah di Asia, termasuk di Indonesia.
  4. Lebah Apis Dorsata adalah lebah yang hanya berkembang di kawasan sub tropis dan tropis Asia seperti Indonesia, Philipina dan pulau-pulau lainnya dan tidak terdapat di luar Asia.
  5. Lebah Apis Andreniformis adalah lebah madu asli Indonesia yang membangun sarangnya secara tunggal selembar yang digantungkan ditempat tempat terbuka pada cabang-cabang pohon dan bukit-bukit batu yang terjal.
  6. Lebah Apis Florea adalah lebah yang memiliki ukuran tubuh yang paling kecil diantara species-species lebah madu lainnya. Di beberapa tempat lebah ini dapat hidup bersama lebah local Apis Cerana dan Apis Dorsata ataupun dengan lebah impor Apis Mellifera
  7. Lebah Apis Laboriosa lebah ini hanya terdapat di pegunungan himalaya pada ketinggian tempat lebih dari 1.200 meter di alas permukaan laut lnformasinya masih sangat terbatas.
Lebah madu adalah insekta sosial yang hidup dalam suatu keluarga besar, yang disebut koloni. Setiap sarang dihuni oleh satu koloni. Kloni lebah mempunyai sifat poli-morfisme dimana setiap anggota koloni mempunyai keunikan anatomis, fisiologi dan tungsi biologis yang berbeda satu golongan dari yang lainnya. Dalam satu koloni lebah madu terdapat hanya satu ekor ratu (quin ), beberapa puluh sampai ratusan lebah jantan (drones), belasan ribu lebah pekerja (worker-bees) ditambah anggota lainnya seperti telur, larva, dan pupa.

Di Jawa Barat lebah madu dikembangkan hampir di seluruh kabupaten diantaranya di Subang, Bekasi, Tasikmalaya, Banjar, Ciamis, Garut, Bandung, Cianjur, Sukabumi dan dibeberapa kabupaten lainya.
 
Hasil Produksi dan Kegunaannya.

Keuntungan yang dapat diambil dan budidaya lebah madu diantaranya :
  1. Madu yaitu cairan kental yang dihasilkan oleh lebah madu
  2. Pollen atau tepung sari yaitu hasil alam dari anther bunga yang merupakan sel-sel kelamin jantan dalam bentuk butiran atau serbuk halus.
  3. Royal Jelly yaitu jenis makanan yang mengandung nutrisi untuk keseimbangan system serta meningkatkan metabolisme.

Diantara mantaat yang diambil dari hasil lebah madu diantaranya untuk makanan karena gizinya yang sangat tinggi, mengobati penyakit, kosmetik dan lain-lain.
 
Edit Terakhir : 26-11-2007 05:19:44
 




Polling
  Menurut Anda Populasi pohon di Kota Bandung
Sangat Banyak
Cukup Banyak
Kurang Banyak
Sedikit
Sangat Kurang


Peta Kawasan Hutan
Pelayanan



 

Copyright © Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat