Selamat Datang di Website Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat
Peta Situs  Kontak    Mail    Login   
Kamis,   23 November 2017
 
 Kabupaten Bogor
 Kabupaten Sukabumi
 Kabupaten Cianjur
 Kabupaten Purwakarta
 Kabupaten Bandung
 Kabupaten Garut
 Kabupaten Ciamis
 Kabupaten Sumedang
 Kabupaten Kuningan

 


TAMAN WISATA ALAM SITU GUNUNG


(Wilayah kerja Taman Nasional Gunung Gede - Pangrango)

KEADAAN FISIK KAWASAN

Luas dan letak
Situ Gunung adalah danau yang dikelilingi oleh hutan alamsub pegunungan dan hutan tanaman Damar, ditetapkan sebagai Taman Wisata Alam (TWA) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor : 461/Kpts/Um/11/1975 tanggal 27 Nopember 1975 seluas 100 Ha.

Menurut administrasi pemerintahan, TWa Situ Gunung termasuk wilayah Desa Kadudampit, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi.

Secara astronomis terletak antara 1065437 1065530 Bujur Timar dan 063940 064112 Lintang Selatan.

Topografi
TWA Situ Gunung terletak di kaki Gunung Pangrango pada ketinggian antara 950-1.036 meter dari permukaan laut. Keadaan topografinya sebagian kecil datar dan sebagian besar bergelombang sampai berbukit.

Iklim
Menurut klasifikasi Schmidt dan Ferguson TWA Situ Gunung mempunyai tipe iklim B dengan curah hujan berkisar antara 1.611-4.311 mm per tahun dengan 106-187 hari hujan per tahun. Suhu udara berkisar 160C 280C dan kelembaban rata-rata 84%.

POTENSI BIOTIK KAWASAN

Flora
Kawasan ini mempunyai keanekaragaman flora, diantaranya adalah : Pulpa (Schima walichii), Rasamala (Altingia Excelsa), Damar (Agathis sp.), Saninten (Castanopsis argentea), Hamirung (Vernonea arborea), Gelam (Eugeunia fastigiata), Kisireum (Cleistocalyx operculata), Lemo (Litsea subeba), Beleketebe (Sloamea sigum), Suren (Toona sureni), Riung Anak (Castanopsis javanica), Walen (Picus Ribes), Merang (Hibiscus surattensis), Kipanggung (Trevesia sondaica), Kiputat (Placchonia valida), Karembi (Homolanthus populnea), Manggong (Macaranga rizoides). Selain jenis-jenis tersebut di atas, terdapat juga jenis Anggrek yang dilindungi, diantaranya yaitu : Anggrek Tanah Bunga Merah, Anggrek Tanah Bunga Putih dan Anggrek Bajing Bunga Kuning. Jenis Anggrek tersebut mudah di jumpai di tepi jalan setapak yang terletak di perbatasan antara TWA Situ Gunung dengan taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Fauna
Di kawasan TWA Situ Gunung terdapat 62 jenis satwa liar yang terdiri dari 41 jenis burung (11 jenis dilindungi), dan 21 jenis mamalia (8 jenis dilindungi). Jenis mamalia yang dilindungi di antaranya : Owa (Hylobates moloch), kucing hutan (Felis bengalensis), Anjing Hutan (Cuon alpinus), Trenggiling (Manis Javanica), Landak (Hystrix braychura), Surili (Presbytis comata), Kijang (Muntiacus muntjak) dan Kancil (Tragulus javanicus).

Adapun jenis mamalia yang mudah dijumpai adalah Bajing, Monyet ekor panjang, Lutung dan Babi Hutan. Jenis burung yang dilindungi di TWA Situ Gunung adalah : Elang Bondol (Haliastur indus), Alap-alap (Accipiter virgatus), burung Sesep made (Aethopyga eximia), burung Kipas (Riphidura javanica), Cekakak merah (Anthreptes singalensis), burung made Merah (Aethopyga siparaja), burung Cabe (Dicaeum trochileum). Sedang burung-burung yang mudah dijumpai adalah Kutilang. Betet ekor panjang, Prenjak Tuwu, Emprit, Cipoh, Kepondang, Tulung tumpuk dan Ayam hutan.

POTENSI WISATA ALAM

Daya tarik Obyek
Selain memiliki keindahan pemandangan hutan alam dan hutan tanaman, Situ Gunung memiliki obyek wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi, yaitu :
  1. Telaga Situ Gunung : Sebuah telaga buatan seluas 10 Ha, dengan panoramanya yang indah dikelilingi bukit dan tegakkan pohon damar.
  2. Air terjun : air terjun Cimanaracun dan Curug Sawer salah satu keindahan alam yang menyatu dengan lingkungan sekitarnya.
Kegiatan wisata alam yang dapat dilakukan

Sesuai dengan potensi yang di miliki TWA Situ Gunung  maka wisatawan dapat melakukan kegiatan berupa :
  1. Wisata alam : berupa rekreasi di alam terbuka sambil menikmati keindahan, keunikan, kesejukan, gejala dan panorama alam lainnya. Kegiatan lainnya yang dapat dilakukan adalah memancing, mendaki gunung, lintas alam, photo huting, bersampan dan lain-lain.
  2. Wisata Konvensi : kegiatan yang dapat dilakukan adalah konvensi, lokakarya, workshop, rapat yang dilakukan di lingkungan alam terbuka sambil berwisata.
  3. Wisata Pendidikan : berupa rekreasi di alam terbuka sambil belajar tentang alam dan lingkungan hidup sekitarnya, sehingga dapat menanamkan rasa memiliki dan menyayangi alam.
Sarana dan Prasarana
Berbagai sarana untuk memberikan kenyamanan dan kepuasan wisatawan yang berkunjung di TWA Situ Gunung diantaranya telah tersedia :
  1. Pesanggrahan : tersedia empat buah pesanggrahan dan sebuah gedung serba guna yang dapat menampung lebih dari 200 orang.
  2. Bumi perkemahan : areal perkemahan seluas 5 Ha, di bawah tegakan hutan damar memiliki fasilitas berkemah yang cukup lengkap.
  3. Pusat Informasi dan Pelayanan : sarana ini dimaksudkan sebagai tempat memberikan penerangan dan informasi tentang kawasan serta peraturan-peraturannya.
  4. Jalan Setapak : Jalan setapak dibuat dengan maksud untuk memperlancar dan sekaligus memberikan petunjuk bagi wisatawan tentang potensi-potensi yang ada dalam kawasan, karena itu jalan setapak ini dibuat sebagai pehubung tempat-tempat yang mempunyai potensi dan atraksi wisata.
  5. Kafetaria : Menyediakan dan melayani kebutuhan makanan dan minuman bagi wisatawan.
  6. Kios Cinderamata : sarana ini diperuntukkan guna memenuhi kebutuhan wisatawan akan kenang-kenangan atau tanda mata.
  7. Shelter/kopel : bangunan ini dapat di pakai sebagai tempat bersantai sambil menikmati pemandangan alam.
  8. Fasilitas lainnya : fasilitas-fasilitas lainnya yaitu berupa tempat parkir, mushola, MCK, dermaga, taman bermain dan teater alam.
AKSESIBILITAS

Lokasi TWA Situ Gunung dapat dicapai dengan mudah. Sarana yang tersedia untuk menuju lokasi dapat dilakukan dengan angkutan umum atau ojeg motor yang ada di Kecamatan Cisaat. Jarak dari Sukabumi ke Taman Wisata Alam Situ Gunung 15 Km dengan waktu tempuh yang diperlukan sekitar 30 menit.

Edit Terakhir : 25-12-2007 07:54:55
 




Polling
  Menurut Anda Populasi pohon di Kota Bandung
Sangat Banyak
Cukup Banyak
Kurang Banyak
Sedikit
Sangat Kurang


Peta Kawasan Hutan
Pelayanan



 

Copyright © Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat