Selamat Datang di Website Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat
Peta Situs  Kontak    Mail    Login   
Kamis,   23 November 2017
 
 Kabupaten Bogor
 Kabupaten Sukabumi
 Kabupaten Cianjur
 Kabupaten Purwakarta
 Kabupaten Bandung
 Kabupaten Garut
 Kabupaten Ciamis
 Kabupaten Sumedang
 Kabupaten Kuningan

 


CAGAR ALAM BURANGRANG


KEADAAN FISIK KAWASAN

Luas dan letak
Kawasan hutan Burangrang ditetapkan sebagai Cagar Alam (CA) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian No : 479/Kpts/Um/1979, tanggal 2-8-1979, seluas 2.700 Ha. Secara astronomis kawasan CA Burangrang terletak antara 1070 31 7 107 derajat 31 56 BT dan  6 derajat 41 45 6 derajat 43 18 LS. Secara administrasi pemerintahan berada pada 4 wilayah Kecamatan dalam 2 Kabupaten, yaitu Kecamatan Sagala Herang Kabupaten Subang serta Kecamatan Wanayasa Kecamatan Bojong dan Kecamatan Darangdan Kabupaten Purwakarta.

Topografi
Kawasan ini merupakan daerah pegunungan tinggi, pada umumnya keadaan lapangan berbukit dengan variasi kelerengan mulai 15%, bergelombang 50% dan bentuk curam berbatu 35%. Ketinggian 1000 -1500 meter di atas permukaan laut.

Iklim
Berdasarkan data lima tahun terakhir (1992-1996) yang diperoleh dari Stasiun Pengamatan Curah Hujang Wanayasa, curah hujan di kawasan dan sekitarnya tercatat 4000 6000 mm per tahun, yang jika dikonversi pada klasifikasi iklim menurut Schmidt dan Ferguson, termasuk tipe iklim A. Bulan basah terjadi pada bulan Oktober sampai dengan bulan Juni dan Bulan Juli sampai September.

POTENSI BIOTIK KAWASAN

Flora
Vegetasi kawasan Cagar Alam Burangrang merupakan hutan hujan tropik dimana sebagian besar tersusun oleh tumbuh-tumbuhan berkayu, juga dilengkapi dengan berbagai jenis liana dan ephipyt. Jenis-jenis pohon yang ada diantaranya : Puspa (Scima walichii), Pasang (Quercus sp),  Huru (Litsea angulata), Taritih (Parinarium corymbosa), Gelam (Melaleuca leucadendron), Saninten (Castanopsis argantea), Jamuju (Podoarpus imbricatus), Rasamala (Altingia excelse). Penyebaran jenis vegetasi ini pada umumnya terdapat pada ketinggian 1000 1400 meter di atas permukaan laut, khususnya pada formasi hutan primer. Sedang pada hutan sekunder hanya terdapat beberapa jenis dari vegetasi pionir, antara lain Hamerang, Mara, Kibanen, Dadap dan lain-lain.

Fauna
Jenis fauna di kawasan ini adalah : Macan Tutul (Panthera pardus), Babi Hutan (Sus Vitatus), Kucing Hutan (Felis Bengalensis), Kijang (Muntiacus muntjak), Trenggiling (Manis javanica), Kera Ekor Panjang (Macaca fascicularis), Lutung (Tracypithecus auratus), Owa (Hylobates moloch), Surili (Hylobates comata), Biawak (Varanus salvator), Ular welang (Bungarus candidu), Ayam Hutan Merah (Gallus gallus), Elang Hitam (Ichnaetus malayensis), Raja Udang Meninting (Alcedo meninting), dan Raja Udang (Halycon chlors).

AKSESIBILITAS

Untuk mencapai lokasi Cagar Alam Burangrang dapat ditempuh dengan jalur :
  1. Bandung Purwakarta Wanayasa 80 Km, melalui jalan aspal.
  2. Bandung Lembang Sagala Herang Wanayasa 63 Km, melalui jalan aspal.

Edit Terakhir : 13-01-2008 22:02:01
 




Polling
  Menurut Anda Populasi pohon di Kota Bandung
Sangat Banyak
Cukup Banyak
Kurang Banyak
Sedikit
Sangat Kurang


Peta Kawasan Hutan
Pelayanan



 

Copyright © Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat