Selamat Datang di Website Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat
Peta Situs  Kontak    Mail    Login   
Kamis,   23 November 2017
 
 Kabupaten Bogor
 Kabupaten Sukabumi
 Kabupaten Cianjur
 Kabupaten Purwakarta
 Kabupaten Bandung
 Kabupaten Garut
 Kabupaten Ciamis
 Kabupaten Sumedang
 Kabupaten Kuningan

 


TAMAN HUTAN RAYA IR. H. DJUANDA


KEADAAN FISIK DAN KAWASAN

Luas dan letak
Sebelum di tetapkan sebagai Taman Hutan Raya , Kawasan ini bernama Taman Wisata Curug Dago yang ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor 575/Kpts/Um/1980, tanggal 6-8-1980, seluas 590 Ha. Kemudian karena sebagian tokoh masyarakat menghendaki adanya sarana pendidikan, penelitian, latihan dan penyuluhan di alam terbuka, penyediaan plasma nutfah sumber keturunan , sarana wisata alam, perendam banjir erosi bagi kita Bandung serta mengembalikan kebesaran nama seorang pahlawan, Taman Wisata Curug Dago berubah nama menjadi Taman Hutan Raya (THR) Ir. H. Djuanda berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 3 Tahun 1985.

Kawasan ini terletak di Desa Ciburial Kecamatan Cicadas, sebagian masuk wilayah Desa Mekarwangi, Desa Langensari dan Desa Cibodas Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung.

Topografi

Pada umumnya kondisi lapangan miring, agak curam sampai terjal dengan ketinggian 770 1.330 m di atas permukaan laut.

Iklim
Pada umumnya  klasifikasi Schmidt dan Ferguson iklim kawasan ini termasuk tipe iklim B dengan curah hujan rata-rata  per tahun 2.500- 4.500 mm dan temperatur rata-rata 15 derajat Celcius 18 derajat celcius dengan kelembaban udara 70%.

POTENSI BIOTIK KAWASAN

Flora
Komplek hutan ini merupakan hutan alam sekunder dan hutan tanaman dengan susunan vegetasi campuran yang terdiri dari pohon-pohonan ( 2.500 jenis) dan tumbuhan bawah. Tumbuhan bawah.Tumbuhan bawah yang dominan adalah : Teklan (Eupatorium odoratum), dan jenis pohon-pohonannya adalah Mahoni (Switenia macrophylla), Bungur (Lagerstroemia sp.), Ekaliptus (Eucalyptus deglupta), Saninten (Castanopsis argentea), Pasang (Quercus sp.), Damar (Agathis damara), Waru gunung (Hibiscus similis). Selain itu banyak pula jenis tumbuhan yang berasal dari luar daerah yang sengaja di tanam dan berfungsi sebagai laboratorium alam (Arboretum).

Fauna
Satwa liaryang ada dalam kawasan, antara lain : Musang (Paradoxunus hermaproditus),Bajing (Callosciurus notatus) dan beberapa jenis burung.

 
POTENSI WISATAALAM

Daya tarik Obyek
Obyek wisata diTaman Hutan Raya Ir. H. Djuanda diantaranya yaitu :

  1. Terdapat buktisejarah berupa goa-goa buatan, bekas peninggalan Belanda dan Jepang yangterawat baik.
  2. Curug Dago
  3. Monumen Ir. H..Djuanda
  4. Keindahan alam
  5. Adanya berbagaijenis tumbuhan yang berasal dari berbagai daerah yang tersusun dengan rapi.

Kegiatan wisataalam yang dapat dilakukan

  1. Bersantai sambilmenikmati keindahan alam
  2. Lintas alam
  3. Penelusuran Goa
  4. Memotret
  5. Wisata ilmiahberupa identifikasi jenis pohon.

 Sarana danprasarana
Sebagai upayameningkatkan kunjungan wistawan, pihak pengelola telah membangun beberapafasilitas berupa : Pusat Informasi, lokasi parkir, jalan, MCK, shelter danlain-lain.

AKSESIBILITAS
Lokasi berada
k 7 Km dari pusat kota Bandung. Dapat ditempuh oleh semua janis kendaraanbermotor. Bila memakai kendaraan umum dapat di tempuh dari Bandung sampaiterminal Dago dan selanjutnya dengan berjalan kaki atau menggunakan jasa ojeg.

Edit Terakhir : 13-01-2008 22:08:07
 




Polling
  Menurut Anda Populasi pohon di Kota Bandung
Sangat Banyak
Cukup Banyak
Kurang Banyak
Sedikit
Sangat Kurang


Peta Kawasan Hutan
Pelayanan



 

Copyright © Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat