Kabupaten Bogor
 Kabupaten Sukabumi
 Kabupaten Cianjur
 Kabupaten Purwakarta
 Kabupaten Bandung
 Kabupaten Garut
 Kabupaten Ciamis
 Kabupaten Sumedang
 Kabupaten Kuningan

 


CAGAR ALAM YAN LAPA


KEADAAN FISIK KAWASAN

Luas dan letak
Kawasan Hutan Yan Lapa ditetapkan sebagai Cagar Alam berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor : 137/Kpts/Um/3/1956 tanggal 28-3-1956 seluas 32 Ha. Termasuk ke dalam wilayah Desa Hanjeur, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor (satu jalur dengan Cagar Alam Dungus Iwul).

Topografi
Topografi Cagar Alam ini secara kesuluruhan relatif datar dengan ketinggian tempat 1.350 m di atas permukaan laut.

Iklim
Menurut Schmidt dan Ferguson, Cagar Alam Yan Lapa memiliki tipe iklim A dengan curah hujan rata-rata per tahun 2.399 m yang diukur di daerah Nirmala.


POTENSI BIOTIK KAWASAN

Flora
Vegetasi Cagar Alam Yan Lapa merupakan vegetasi hutan hujan dataran tinggi. Flora yang terdapat di cagar alam ini adalah Pahlalar (Dipterocarpus haseltii), Jatake (Bouea gandaria), Jaha (Terminalia belirica). Sempur (Dilenia obovata), Teureup (Artocarpus elastica), Laban (Vitex pubescens) dan lain-lain.

Fauna
Beberapa jenis satwa liar yang ada dalam kawasan ini yaitu dari golongan mamalia, aves, reptilia dan inserta. Di antaranya yaitu : Lutung (Tracypithecus auratus), Kera (Macaca fascicularis), Burung Kerak (Acridotheres fuscus javanicus), burung dudut (Centropus bengalensis) dan lain-lain.


AKSESIBILITAS

Untuk mencapai Cagar alam Yan Lapa relatif mudah dengan rule hampir sama dengan Cagar Alam Dungus Iwul yaitu : Bandung Bogor 120 Km, Bogor Jasinga Lokasi 65 Km.

Edit Terakhir : 25-12-2007 07:51:38
 

Link

Polling

  Berapa banyak pohon yang anda tanam dalam setahun?
1 - 5 pohon
5 - 10 pohon
10 - 15 pohon
lebih dari 15 pohon
tidak menanam pohon