Selamat Datang di Website Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat
Peta Situs  Kontak    Mail    Login   
Minggu,   25 Februari 2018
 
 Kabupaten Bogor
 Kabupaten Sukabumi
 Kabupaten Cianjur
 Kabupaten Purwakarta
 Kabupaten Bandung
 Kabupaten Garut
 Kabupaten Ciamis
 Kabupaten Sumedang
 Kabupaten Kuningan

 


CAGAR ALAM DAN TAMAN WISATA ALAM TELAGA WARNA


KEADAAN FISIK KAWASAN

Luas dan letak
Kawasan hutan Telaga Warna ditetapkan sebagai Cagar Alam (CA) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor 481/Kpts/Um/6/1981 tanggal 9-6-1956, seluas 268,25 Ha. Kemudian sebagian areal yang meliputi sebuah telaga, berubah fungsinya menjadi Taman Wisata Alam (TWA) seluas 5 Ha. Telaga warna terletak di sekitar Puncak Pass dan tidak jauh dari halan raya Bogor Cianjur, yang secara administrasi pemerintahan termasuk dalam Desa Tugu, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

Topografi
Keadaan topografi kawasan CA/TWA Telaga warna bergelombang dengan ketinggian   1.400 meter di atas permukaan laut.

Iklim
Menurut klasifikasi  iklim Schmidt dan Ferguson kawasan ini termasuk tipe iklim A dengan curah hujan rata-rata 3.380 mm per tahun.

POTENSI BIOTIK KAWASAN

Flora
Vegetasi ini termasuk tipe hutan hujan pegunungan, floranya terdiri dari beraneka ragam jenis pohon-pohonan, Liana dan epiphyt. Flora yang terdapat adalah merupakan vegetasi hutan pegunungan dengan jenis-jenis pohonnya adalah Puspa (Schima walichii), Saninten (Castanopsis argentea) dan lain-lain.

Fauna
Jenis satwa liar yang terdapat di kawasan ini adalah beberapa jenis burung (aves) seperti Tekukur (Streptopelia chinensis), Puyuh (Turnix suscitator), Kadanca (Ducula sp), walet (Collocalia vulvanorum) dan lain-lain.

POTENSI WISATA ALAM

Daya tarik obyek
TWA Telaga Warna memiliki pemandangan alam yang indah dengan udara sejuk, di samping itu juga terdapat danau alam di mana permukaan airnya tampak berwarna, hal ini disebabkan oleh pantulan sinar matahari yang datang dari celah-celah dedaunan dan jatuh di permukaan danau yang berfungsi sebagai cemrin. Keadaan alam yang relatif masih utuh merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Di TWA Telaga Warna juga terdapat obyek wisata budaya berupa makam keramat yang sering dikunjungi para pejiarah.

Kegiatan wisata alam yang dapat dilakukan
  1. Menikmati keindahan alam.
  2. Foto hunting
  3. Pengamatan burung.
  4. Lintas alam.
Sarana dan prasarana
Fasilitas yang disediakan bagi wisatawan di TWA Telaga Warna antara lain : Jalan setapak, MCK, Shelter dan pos Jaga.

AKSESIBILITAS

Rute perjalanan untuk mencapai CA dan TWA Telaga Warna adalah : Bogor ke arah Cianjur 30 Km, atau dari Cianjur menuju Bogor 20 Km. Dapat di tempuh dengan semua jenis kendaraan.

Edit Terakhir : 25-12-2007 07:53:26
 
Statistik (All Edition)
Surili (All Edition)
Foto dan Multimedia
Peta Kawasan Hutan

 

Copyright © Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat