Selamat Datang di Website Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat
Peta Situs  Kontak    Mail    Login   
Minggu,   25 Februari 2018
 
 Kabupaten Bogor
 Kabupaten Sukabumi
 Kabupaten Cianjur
 Kabupaten Purwakarta
 Kabupaten Bandung
 Kabupaten Garut
 Kabupaten Ciamis
 Kabupaten Sumedang
 Kabupaten Kuningan

 


CAGAR ALAM DAN TAMAN WISATA ALAM SUKAYAWANA


KEADAAN FISIK KAWASAN

Luas dan letak
Kawasan Hutan Sukawayana ditetapkan sebagai Cagar Alam (CA) berdasarkan GB. Tangal 11-7-1919 Nomor : 83 Stbl. 392, seluas 33 Ha. Sebagian kawasan cagar alam yang terletak di tepi pantai dan mempunyai potensi obyek wisata alam seluas 16 Ha. Statusnya di ubah menjadi Taman Wisata Alam (TWA) berdasarkan SK Menteri Kehutanan No. 570/Kpts-II/91, tanggal 24 Agustus 1991.

Cagar Alam dan Taman Wisata Alam ini terletak di pantai Teluk Pelabuhan Ratu Samudera Hindia/Samudera Indonesia. Menurut administrasi pemerintahan termasuk Desa Cikohok, Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi.

Topografi
Keadaan topografi secara umum realatif datar dengan ketinggian mulai dari 0-18 meter di atas permukaan laut.

Iklim
Menurut klasifikasi Schmidt dan Ferguson kawasan ini termasuk tipe iklim B dengan curah hujan rata-rata per tahun 2.426 mm.

POTENSI BIOTIK KAWASAN

Flora
Cagar alam ini berfungsi sebagai peyangga akibat adanya pengikisan pantai oleh angin dan air. Dakam cagar alam ini terdapat jenis pohon-pohonan dataran rendah diantaranya : Merbau (Instsia bijuga), Kihiang (Albizia procera), Puspa (Schima walichii). Kiara (Ficus sp.), Laban (Vitex pubescens), dan Degel (Crudia batamensis), Katapang (Terminalia catappa), Pandan (Pandanus sp) dan Bayur (Pterospermum javanicum).

Fauna
Fauna yang terdapat adalah Kera (Macaca fascicularis), Lutung (Tracypithecus auratus) adari golongan Primata, beberapa jenis burung (Aves) serta Biawak (Varanus salvator) dari golongan Reptilia.

POTENSI WISATA ALAM

Daya tarik Obyek

Obyek wisata unggulan di TWA Sukawayana adalah terdapatnya keindahan pantai Samudera Indonesia yang berpasir dan landai dengan latara belakang hutan pantai yang masih rimbun. Disamping itu di sekitar kawasan ini juga terdapat beberapa obyek wisata yang merupakan daerah tujuan wisata, diantaranya yaitu :
  1. Pelabuhan nelayan dan tempat pelelangan ikan.
  2. Pemandangan pantai Karang Hawu.
  3. Air panas di Cisolok
  4. Adanya upacara adat Ngalabuh yang diselenggarakan setahun sekali dan telah diagendakan oleh pihak Dinas Pariwisata setempat.

Kegiatan Wisata yang dilakukan
  1. Menikamati keindahan alam pantai
  2. Memancing
  3. Memotret
  4. Berkemah

Sarana dan prasarana
Sarana khusus untuk pelayanan wisatawan akan segera di bangun, tetapi beberapa sarana pengelolaan yang telah ada yaitu : Pintu Gerbang, pos jaga, MCK, jalan setapak dan shelter.

AKSESIBILITAS

Rute perjalanan untuk mencapai kawasan Taman Wisata Alam Sukawayana adalah :
  1. Jakarta Bogor Cibadak Pelabuhan Ratu Lokasi 35 Km.
  2. Bandung Cianjur Sukabumi Cibadak Pelabuhan Ratu Lokasi 155 Km.
Edit Terakhir : 13-01-2008 21:39:37
 
Statistik (All Edition)
Surili (All Edition)
Foto dan Multimedia
Peta Kawasan Hutan

 

Copyright © Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat