Selamat Datang di Website Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat
Peta Situs  Kontak    Mail    Login   
Senin,   26 Februari 2018
 
 Kabupaten Bogor
 Kabupaten Sukabumi
 Kabupaten Cianjur
 Kabupaten Purwakarta
 Kabupaten Bandung
 Kabupaten Garut
 Kabupaten Ciamis
 Kabupaten Sumedang
 Kabupaten Kuningan

 


TAMAN WISATA ALAM CIMANGGU


KEADAAN FISIK KAWASAN

Letak dan luas
Kawasan hutan Cimanggu di tetapkan sebagai Taman Wisata Alam (TWA) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor :369/Kpts/Um/6/1978 tanggal 9-6-1978, seluas 154 Ha. Secara administrasi pemerintahan termasuk Wilayah Desa Rancabali Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung.

Topografi
Kondisi topografinya relative datar, bergelombang ringan sampai sedang. Ketinggian tempat 1.000 1.500 meter di atas permukaan laut.

Iklim
Berdasarkan klasifikasi Schmidt dan Ferguson, iklimnya termasuk iklim tipe B dengan curah hujan rata-rata per tahun 3.641 mm.

POTENSI BIOTIK KAWASAN

Flora
Flora yang terdapat dalam kawasan ini sebagian besar berasal dari hutan alam, yaitu : Rasamala (Altingia exelsea), Jamuju (Podocarpus imbricartus), Saninten (Castonopsis argentea) dan sebagian berasal dari hutan buatan yaitu : Pinus (Pinus merkusii), dan Ekaliptus (Eucalyptus sp).

Fauna
Kawasan ini pada umumnya dihuni oleh jenis-jenis burung (Aves) baik yang hanya mencari makan maupun yang berkembang biak di kawasan ini, seperti : Tekukur (Stretropelia chinensis), dan gagak (Corvus enca). Sedang satwa liar yang ada diantaranya : Surili (Presbytis comata), Rusa (Cervus timorensis) dan Babi hutan (Sus vitatus).

Daya Tarik Obyek
Sumber air panasyang ada di taman wisata alam ini merupakan salah satu obyek wisata yangmenarik, sumber air panas tersebut dibuatkan bak-bak penampungan air panas yangdapat dipergunakan mandi untuk tujuan kesehatan badan, serta kolam renang agarpengunjung bisa mandi dan berenang. Disamping itu, lokasinya berdekatan denganTaman Wisata Alam Situ Patengan dan obyek wisata lainnya di kawasan BandungSelatan.

Kegiatan WisataAlam yang dapat dilakukan

  1. Bersantai sambilmenikmati keindahan alam
  2. Mandi danberenang
  3. Memotret
  4. Lintas alam

Sarana danprasarana
Sarana danprasarana yang ada dalam kondisi cukup baik, terawat, diantaranya adalah :Pondok wisata, kolam renang air panas, MCK, pusat informasi, panggung terbuka,shelter, jalan setapak, pos jaga, tempat bermain anak-anak dan mushola.

AKSESIBILITAS

Lokasi TamanWisata Alam Cimanggu dapat di capai melalui rute : Bandung Ciwidey Cimanggu, dengan jarak 42 Km.

Edit Terakhir : 13-01-2008 22:28:01
 
Statistik (All Edition)
Surili (All Edition)
Foto dan Multimedia
Peta Kawasan Hutan

 

Copyright © Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat