Selamat Datang di Website Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat
Peta Situs  Kontak    Mail    Login   
Minggu,   25 Februari 2018
 
 Kabupaten Bogor
 Kabupaten Sukabumi
 Kabupaten Cianjur
 Kabupaten Purwakarta
 Kabupaten Bandung
 Kabupaten Garut
 Kabupaten Ciamis
 Kabupaten Sumedang
 Kabupaten Kuningan

 


CAGAR ALAM DAN TAMAN WISATA ALAM TELAGA PATENGAN


KEADAAN FISIK KAWASAN

Letak dan Luas
Kawasan hutan dan telaga Patengan ditetapkan sebagai cagar alam berdasarkan Gb tanggal 11-7-1919 Nomor : 83 Stbl. 392, seluas 150 Ha. Kemudian dengan Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor : 660/Kpts/Um/8/1981 tanggal 11-8-1981, sebagian cagar alam seluas 65 Ha. Dinyatakan sebagai Taman Wisata Alam. Kawasan ini terletak dalam wilayah Desa Tancabali, Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung.

Topografi
Kondisi topografi berbukit landai, bergelombang sedang hingga bergunung, sudut kemiringannya bervariasi antara 15-50% dan ketinggian tempat 1.600 1.700 meter di atas permukaan laut. Kawasan ini dikelilingi oleh serangkaian gunung-gunung.

Iklim
Iklimnya termasuk tipe Iklim B menurut klasifikasi iklim dari Schmidt dan Ferguson. Curah hujan rata-rata per tahun adalah 3.566 mm di mana bulan kering terjadi di bulan Agustus dan September, dan selebihnya adalah bulan-bulan basah. Temperatur rata-rata pada siang hari sebesar 23 derajat celsius dan dimalam hari 17 derajat celsius.

POTENSI BIOTIK KAWASAN

Flora
Kawasan ini termasuk dalam tipe vegetasi hutan hujan pegunungan. Jenis tumbuhan yang ada di antaranya adalah : Hiur (Castanea javanica), Puspa (Schima walichii), Pasang (Quercus sp), Baros (Mangleita glauca), Kitamba (Eugenia cespra), Huru (Litsea angulata), Hanirung (Verronia arborea), Jamuju (Podocarpus imbricatus), Saninten (Castanopsis argantea) dan Beunying (Ficus fistulosa). Dari golongan liana dan epiphyt yang tumbuh di pohon-pohon di dalam dan sekitar kawasan adalah Rotan (Calamus sp), Hata (Licopodium circinatum), Rijala (Alpina sp), Jotang (Synedrela nodiflora), Anggrek kadak (Drynaria), Benalu (Drylazium esculenta) dan lain-lain.

Fauna
Satwa liar yang ada dalam kawasan adalah : Surili (Hylobates comata), Macan Kumbang (Panthera pardus), Kancil (Tragulus javanicus), Babi hutan (Sus vitatus), Bajing (Calcoselurus notatus), Bajing terbang (Pteaurista elegan), Ayam hutan (Gallus gallus), burung Kipas (Rhipidura sp.), burung Tulung Tumpuk (Megalaema corvina), dan beberapa jenis ikan yang hidup di telaga.

POTENSI OBYEK WISATA

Daya tarik obyek
Obyek wisata yang ada di taman Wisata Alaman Telaga Patengan adalah :
  • Pemandangan alam yang indah dengan suasana alami yang nyaman dan sejuk.
  • Adanya telaga (situ) yang dikelilingi oleh gunung-gunung.
  • Lokasi TWA situ Patengan merupakan rangkaian daerah wisata lain seperti : TWA Cimanggu, Kawah Putih, Agrowisata perkebunan, Pemandian air panas, lokasi penangkaran Rusa dan tempat berkemah di Ranca Upas.

Kegiatan wisata alam yang dapat dilakukan
  1. Menikmati keindahan alam.
  2. Lintas alam
  3. Memancing
  4. Berperahu keliling telaga

Sarana dan prasarana
Sarana dan prasarana yang ada di kawasan Taman Wisata Alam Telaga Patengan adalah : Pesanggrahan, lokasi parkir, MCK, shelter, jalan setapak dan pertahu/sepeda air.

AKSESIBILITAS

Untuk mencapai lokasi Cagar Alam dan Taman Wisata Alam Telaga Patengan dapat di tempuh rute : Bandung Ciwidey Lokasi sejauh 47 Km, dengan kondisi jalan aspal. Jalan yang dilalui sebagian besar tanjakan dan berkelok, tetapi kendaraan umum yang menuju kawasan tersedia setiap saat dari Bandung maupun dari Ciwidey.

Edit Terakhir : 13-01-2008 22:34:13
 
Statistik (All Edition)
Surili (All Edition)
Foto dan Multimedia
Peta Kawasan Hutan

 

Copyright © Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat