Kabupaten Bogor
 Kabupaten Sukabumi
 Kabupaten Cianjur
 Kabupaten Purwakarta
 Kabupaten Bandung
 Kabupaten Garut
 Kabupaten Ciamis
 Kabupaten Sumedang
 Kabupaten Kuningan

 


CAGAR ALAM GUNUNG JAGAT


KEADAAN FISIK KAWASAN

Letak dan luas
Kawasan hutan Gunung Jagad di tetapkan sebagai Cagar Alam berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor : 132/Kpts/Um/12/1954 tanggal 6-12-1954, seluas 126.60 Ha. Menurut administrasi pemerintahan terbagi dalam dua wilayah yaitu sebelah utara termasuk  Desa Cisampih, Kecamatan Cadasngampar dan bagian selatan termasuk Desa Sukamanah Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang.

Topografi
Topografinya bervariasi dari bergelombang sedang, berbukit, sampai bergunung-gunung dengan ketinggian tempat antara 454 742 meter di atas permukaan lait. Kawasan ini mempunyai tiga rangkaian pegunungan yaitu Gunung Jagad di sebelah barat, Gunung Paseur di bagian tengah dan Gunung Kencana di sebelah Timur.

Iklim
Berdasarkan klasifikasi iklim dari Schmidt dan Ferguson, kawasan ini mempunyai tipe iklim C dengan curah hujan rata-rata 2.439 mm per tahun di Cadasngampar dan 3.175 mm di Wado.

POTENSI BIOTIK KAWASAN

Flora
Secara garis besar Cagar Alam ini mempunyai tipe vegetasi hutan hujan ropis dataran rendah. Jenis tumbuhan yang ada di kawasan, terbagi dalam dua kelompok yakni : Kelompok jenis berkayu seperti Teureup (Artocarpus elastica), Kiara (Ficus septica), Manglid (Mangnolia blumei), Burahol (Stelochocarpus burahol), Bungur (Langerstromia indica), Kesambi (Schleichera oleosa), Mindi (Melia azedarach). Sedangkan dari kelompok semak belukar adalah Harendong (Melastoma malabathricum) dan lain-lain. Jenis dari golongan liana dan epiphyt adalah : Kelebahe (Loqodium clociatum), Owar (Flagellaria indica), Areuy Gember (Vibraurea chololeuca), Anggrek Merpati (Phalaenopsis amabilis), Kadaka (Drynaria sp), Ketongkeng (Telosna cordata) dan lain-lain.

Fauna
Jenis-jenis satwa liar yang ada di Cagar Alam Gunung Jagad antara lain : Macan Kumbang (Panthera pardus), Kucing hutan (Felis Bengalensis), Kancil (Tragulus javanica), Jelarang (Ratufa bicolor), Kalong (Pteropus vampyrus), babi hutan (Sus vitatus), Kera (Macaca fascicularis), Lutung (Tracypithecus auratus), Trenggiling (Manis javanica), Ayam Hutan (Gallus gallus), Elang Ruyuk (Spilornis cheela bido), Ular Sanca (Phyton sp), Ular Hijau (Trimeresurus albolabris) dan Biawak (Varanus salvator).

AKSESIBILITAS

Jaraknya antara lain dari Bandung Sumedang Wado 70 Km, dari Wado menuju lokasi 5 Km.

Edit Terakhir : 13-01-2008 23:04:54
 

Link

Polling

  Berapa banyak pohon yang anda tanam dalam setahun?
1 - 5 pohon
5 - 10 pohon
10 - 15 pohon
lebih dari 15 pohon
tidak menanam pohon