KLHK TARGETKAN TANAMI DAS 230.000 HEKTARE
Jum'at, 8 Juni 2018


Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menargetkan penanaman pohon di kawasan daerah aliran sungai (DAS) dan lindung seluas 230.000 hektare pada 2019. "Pagu indikatif KLHK tahun 2019 adalah Rp7,8 triliun, dari pagu tersebut dukungan untuk alokasi proyek prioritas nasional adalah Rp4,3 triliun dan sekitar Rp3,5 triliun adalah untuk mendukung program pengendalian DAS dan hutan lindung," kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar di Jakarta, Kamis. Jumlah anggaran sekira Rp3,5 triliun itu akan digunakan untuk menyukseskan kegiatan penanaman di seluruh Indonesia. Target penanaman yang telah ditetapkan di 2019 adalah lahan seluas sekitar 230.000 hektare.
PEMERINTAH DORONG PENYELESAIAN PENGUASAAN TANAH DALAM KAWASAN HUTAN UNTUK REFORMA AGRARIA
Kamis, 7 Juni 2018


Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Rabu, 6 Juni 2018. Reforma Agraria yang menjadi salah satu program dalam Nawacita yang terus dipercepat implementasinya. Presiden telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 88 Tahun 2017 Tentang Penyelesaian Penguasaan Tanah Dalam Kawasan Hutan (PPTKH) untuk mempercepat reforma agraria melalui legalisasi obyek agraria di kawasan hutan. Dengan Perpres tersebut Pemerintah akan segera menyelesaikan dan memberikan perlindungan hukum atas hak-hak masyarakat yang menguasai/memanfaatkan bidang tanah dalam kawasan hutan. Masyarakat yang menguasai tanah di kawasan hutan akan diberikan hak milik, apabila memenuhi kriteria, yaitu 1. Tanah telah dimanfaatkan dengan baik, 2. Bidang tanah bukan merupakan obyek gugatan/sengketa, 3. Adanya pengakuan oleh adat ataupun kepala desa/kelurahan dengan saksi yang dapat dipercaya. "PPTKH ini adalah salah satu upaya mewujudkan pilar pertama yaitu kepemilikan lahan dalam kaitan kebijakan pemerataan ekonomi yang di launching Bapak Presiden di Boyolali April 2017. Kebijakan pemerataan ekonomi ada 3 pilar besar
PEDULI KELESTARIAN HUTAN, PLN TANAM 32 RIBU POHON DI SELURUH INDONESIA
Kamis, 7 Juni 2018


AKURAT.CO, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menggelar program penanaman pohon di Indonesia, Selasa (5/6). Penanaman pohon ini dilakukan di 32 unit operasionalnya di Indonesia dengan jumlah pohon yang ditanam sebanyak 32 ribu pohon. Di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, penanaman pohon dilakukan oleh PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (PLN UIP Kalbagbar) di hutan kota Arboretum Sylva Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak. General Manager PLN UIP Kalbagbar, Rachmad Lubis, mengatakan kegiatan penanaman pohon ini merupakan bentuk kepedulian PLN terhadap kelestarian hutan di Indonesia. "Terutama dalam upaya kami untuk mencegah efek rumah kaca dan mengurangi dampak pemanasan global yang kami tuangkan dalam program CSR PLN Peduli melalui pelaksanaan penanaman pohon," kata Rachmad Lubis.
KLHK RAYAKAN HARI LINGKUNGAN HIDUP BERSAMA KOMUNITAS PEDULI CILIWUNG
Rabu, 6 Juni 2018


Trubus.id -- Hari ini, Selasa (5/6) diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Direktorat Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PKSL) menggelar pertemuan dengan perwakilan dari seluruh Komunitas Peduli Ciliwung di Kota Bogor, Jawa Barat. "Pertemuan ini bertujuan untuk peningkatan kapasitas komunitas DAS Ciliwung, dari segmen hulu sampai hilir. Ini ada perwakilan Komunitas Peduli Ciliwung (KPC), dari hulu di puncak sampai hilir di teluk Jakarta," ujar Kasubdit komunitas penyelamat sumberdaya, direktorat kemitraan lingkungan, dirjen perhutan sosial dan kemitraan lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Umi Rusyanawati kepada Trubus.id di Bogor, Selasa (5/6). Lebih lanjut, Umi menambahkan dalam pertemuan ini, setiap perwakilan KPC akan memaparkan kegiatan yang sudah dilakukan di setiap komunitasnya, dan outputnya akan menjadi role model komunitas yang akan direplikasikan ke komunitas di daerah lainnya.
CAMP FIRE CARE DI GUNUNG CIREMAI
Rabu, 6 Juni 2018


Kuningan, 5 Juni 2018. Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) memiliki berbagai keunikan, yang melahirkan sejuta pesona untuk dikagumi. Satu diantaranya adalah hamparan padang rumput, yang terbentuk di atas bebatuan lelehan larva letusan gunung api Ciremai. Namun di balik hamparan pesona keindahan tersebut, kawasan TNGC tidak luput dari ancaman kebakaran hutan. Sobat Ciremai, bisa dikatakan pada tahun-tahun sebelumnya, kebakaran hutan di TNGC terjadi hampir setiap tahun. Hal ini didukung oleh keberadaan bahan bakar alami berupa rumput semak belukar yang terhampar 1.000 ha. Camp Fire Care adalah salah satu upaya yang di lakukan oleh Polisi Kehutanan TNGC dalam rangka mencegah terjadinya kebakaran hutan yang melibatkan masyarakat sekitar kawasan hutan, bahkan juga pengunjung yang datang ke kawasan TNGC. Lokasi Camp Fire Care berada di daerah rawan kebakaran hutan blok Kubang Bukit Seribu Bintang, desa Padabeunghar, Pasawahan, Kuningan.
Berita

KLHK targetkan tanami DAS 230.000 hektare
Jum'at, 8 Juni 2018

Pemerintah Dorong Penyelesaian Penguasaan Tanah Dalam Kawasan Hutan Untuk Reforma Agraria
Kamis, 7 Juni 2018

Peduli Kelestarian Hutan, PLN Tanam 32 Ribu Pohon di Seluruh Indonesia
Kamis, 7 Juni 2018

KLHK Rayakan Hari Lingkungan Hidup Bersama Komunitas Peduli Ciliwung
Rabu, 6 Juni 2018

Camp Fire Care di Gunung Ciremai
Rabu, 6 Juni 2018

Dukung Percepatan Rehabilitasi Hutan Dan Lahan, KLHK Luncurkan SIMPLY RED
Selasa, 5 Juni 2018

Menariknya Mengamati Elang Jawa di TN Gunung Ciremai
Selasa, 5 Juni 2018

1 2 3 4 5
 
Sorotan Kita
BEDA RAFFLESIA ARNOLDII DAN BUNGA BANGKAI
Rabu, 10 Januari 2018

Jakarta, CNN Indonesia -- Sudah 25 tahun bunga Rafflesia arnoldii ditetapkan sebagai bunga nasional Indonesia. Penetapan tersebut sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 4 tahun 1993. Sebagai bunga nasional, Rafflesia arnoldii diberi gelar puspa langka. Dalam bahasa Indonesia, Rafflesia arnoldii disebut juga sebagai padma raksasa. Bunga ini memiliki ukuran yang sangat besar. Bunga ini bahkan dinobatkan sebagai bunga terbesar di dunia. Dengan kelopak yang berwarna merah terang dan motif bunga parasit ini memiliki bau busuk yang sangat menyengat.

Link

Polling

  Berapa banyak pohon yang anda tanam dalam setahun?
1 - 5 pohon
5 - 10 pohon
10 - 15 pohon
lebih dari 15 pohon
tidak menanam pohon