Dinas Kehutanan Prov Jabar

SEKILAS TENTANG BUDIDAYA MADU KLANCENG DI CABANG DINAS KEHUTANAN WILAYAH I



Oleh : ERWIN SETIAWAN, CABANGDINAS KEHUTANAN WILAYAH I 

Salah satu hasil hutan bukan kayu (HHBK) adalah madu. berbicara soal madu pasti terdapat banyak jenisnya dan berbedajuga manfaatnya. Salah satu madu yang saat ini tengah banyak diburu olehmasyarakat di pasaran adalah jenis Madu Klanceng (Teuweul). MaduKlanceng merupakan jenis madu yang di hasilkan oleh lebah yang berjenis genusTrigona. Lebah jenis ini mengumpulkan nektar dari berbagai macam bunga(multiflora) sehingga madu yang dihasilkan oleh lebah ini memiliki warna, aromadan rasa madu yang berbeda setiap sarangnya. Secara umum lebah madu ada yangbersengat (Apis cerana, A. meliafera, A.dorsata, dll) dan lebahmadu yang tidak bersengat (Trigona sp).  Usaha budidaya lebah klanceng (Trigona sp) di Cabang Dinas KehutananWilayah I terletak di Desa Pasir Buncir, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor.Terletak di pinggiran hutan yang berbatasan dengan Taman Nasional Gunung GedePangrango, tentunya tidak sulit untuk kelompok tani ini mengembangkan lebah Trigona sp. Dengan pakan yang berlimpahkarena lokasi berada di perbatasan hutan taman nasional.

Khusus Budidaya lebah madu klanceng diDesaPasir Buncir, Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor oleh Kelompok WanitaTani, "Barokah" ini  aktif sejak tahun 2015,sedang budidaya madu untuk Apis serenasudah aktif sejak tahun 1994. Bagi anda yang belummengetahuinya, lebah klanceng atau Trigona spmerupakanlebah yang memang banyak dibudidayakan di Indonesia. Beberapa kemudahan daribeternak lebah ini adalah tidak terdapatnya sengat dan bukan termasuk kedalamlebah yang agresif dalam mempertahankan sarangnya. Dari beberapa kemudahantersebut menjadikan lebah klanceng menjadi lebah yang sangat seringdibudidayakan oleh masyarakat di Indonesia namun begitu jumlah produksi madulebah asli klanceng masih tergolong sedikit karena peminatnya yang begitubanyak. Faktor tersebutlah yang membuat Madu Klanceng asli menjadi lebihmahal dari pada madu dari jenis lebah lainnya. Bagi anda yang belummengetahuinya, rata-rata lebah klanceng hanya mengumpulkan 100 sampai 200mlsaja setiap 3 bulannya.

Banyaknya manfaat yangkita dapatkan ketika mengkonsumsi madu Klanceng memang tidak perlu diragukanlagi. Dengan berbagai sumber nektar yang di dapatkan oleh lebah klancengmembuat khasiat dari madu yang dihasilkannya juga ikut beragam diantaranyayaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah penyakit stroke,memperlancar peredaran darah, menstabilkan kadar gula dalam darah, mencegahkencing manis, memperkuat ingatan otak, meningkatkan kesehatan jantung,memperbaiki sel tubuh yang rusak, mencegah terjadinya insomnia atau susahtidur, membantu masa penyumbuhan pasca operasi, mencegah kanker kandungan,menurunkan serta menstabilkan kadar kolesterol dan baik sebagai sumber energi.

Untuk mendapatkankhasiat untuk pengobatan, kesehatan serta kecantikan yang maksimal dari MaduKlanceng ini anda sebaiknya menambahkan madu pada minuman seperti teh, jamu,sirup dan lain sebagainya serta mengurangi konsumsi gula terlebih dahulu agarmadu bisa terserap dengan baik kedalam tubuh. Beberapa cara konsumsi maduselain di minum langsung yaitu mencampurnya pada minuman favorite anda ataumakanan seperti mengolesnya di roti tawar dan lain sebagainya. Dengan caravariatif seperti itu akan membuat kita menjadi tidak bosan mengkonsumsi madusecara rutin setiap harinya. Anda cukup mengkonsumsi Madu Klanceng ini sebanyak2x sehari dengan takaran sendok makan setiap kali meminumnya, waktu yang baikuntuk mengkonsumsi madu ini adalah sebelum makan pada pagi dan sore hari.

      

MADU KLANCENG LEBIH MAHAL DARI MADU LAINNYA

Mengapa madu Klanceng harganya lebih mahal? Ini karena kualitasnya,terutama kandungan fruktosa dan glukosanya lebih tinggi dibanding jenismadu  lainnya. Madu klanceng disebuttersusun dari beberapa molekul gula, mineral, vitamin, protein dan asam aminodan diyakini dapat menurunkan tekanan darah tinggi, mengatasi diabetes,antikanker, meningkatkan kinerja otak dan lain sebagainya. Rutin mengonsumsimadu Klanceng juga dipercaya meningkatkan daya tahandan membuatawet muda.

Hal lain yang membuat harga madu klanceng lebih mahal adalah karena produksi yangterbatas. Produksi madu klanceng sangatsedikit, baik secara keseluruhan maupun per koloni. Sebagai perbandingan, Apis cerena (lebah madu) mampu menghasilkan sekitar 10 kilogrammadu per koloni  tiap tahun, sementara Apistrigona hanya 1-2 kilogram per koloni tiap tahun.

 

BANTUAN FASILITAS APA YANG MEREKA BUTUHKAN ?

Potensi pasar yang sangat besar bagipenjualan madu lebah klanceng membuat budidaya ini memiliki potensi ekonomiyang sangat besar. Bantuan apa yang butuhkan untuk pengembanganbudidaya lebah madu klanceng ini ?Selain pelatihan budidaya, pengorganisasian kelompok, dan bantuanperalatan untuk memeras ataupun mengolah madu dan propolisnyaserta pemasaran, kamisangat berharap ada bantuan bibit lebah klanceng yang unggul, ujar Eli Ketua Kelompok Wanita Tani, Barokah.

Saat ini kelompok lebah maduklanceng baru bisa memenuhikebutuhan pasar sekitar 10 hingga 15 persen saja. Baik pembelianlangsung maupun pembelian secara on line,Selebihnya masih menolak karena memang produksi madu lebah klanceng tidakbisa dipaksakan dalam skala banyak.

Semoga usahabudidaya madu klanceng Kecamatan Caringin ini menjadi usaha produktif untukmenambah pendapatan masyarakat di sekitar hutan dan pada akhirnya masyarakat ikutaktif berpartispasi menjaga kelestarian hutan. Aamiin Ya Robbal Alamin 

Sumber:
Surili Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat edisi 75 Halaman 20

Telah Dibaca:385 Kali


Artikel Lainnya

*SEKILAS TENTANG BUDIDAYA MADU KLANCENG DI CABANG DINAS KEHUTANAN WILAYAH I
*MERANCANG PEMBANGUNAN DAN PENGELOLAAN HUTAN RAKYAT DENGAN METODE PARTISIPATORY RURAL APPRAISAL
*TANAMAN NYAMPLUNG (CALOPHYLLUM INOPHYLLUM) DI PULAU JAWA JENIS TANAMAN POTENSIAL UNTUK BIOENERGI ALTERNATIF
*MEMBIDIK KONSUMEN HASIL PENELITIAN MELALUI PENGEMBANGAN
*PENGELOLAAN HHBK HATA SEBAGAI BAHAN BAKU KERAJINAN DI CITUMANG KABUPATEN PANGANDARAN, POTENSI YANG HARUS DI LESTARIKAN

Link

Polling

  Berapa banyak pohon yang anda tanam dalam setahun?
1 - 5 pohon
5 - 10 pohon
10 - 15 pohon
lebih dari 15 pohon
tidak menanam pohon


Home   Contact   Email   LogIn



Copyright © 2019 Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat