KLHK Rayakan Hari Lingkungan Hidup Bersama Komunitas Peduli Ciliwung

Trubus.id -- Hari ini, Selasa (5/6) diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Direktorat Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PKSL) menggelar pertemuan dengan perwakilan dari seluruh Komunitas Peduli Ciliwung di Kota Bogor, Jawa Barat.

"Pertemuan ini bertujuan untuk peningkatan kapasitas komunitas DAS Ciliwung, dari segmen hulu sampai hilir. Ini ada perwakilan Komunitas Peduli Ciliwung (KPC), dari hulu di puncak sampai hilir di teluk Jakarta," ujar Kasubdit komunitas penyelamat sumberdaya, direktorat kemitraan lingkungan, dirjen perhutan sosial dan kemitraan lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Umi Rusyanawati kepada Trubus.id di Bogor, Selasa (5/6).

Lebih lanjut, Umi menambahkan dalam pertemuan ini, setiap perwakilan KPC akan memaparkan kegiatan yang sudah dilakukan di setiap komunitasnya, dan outputnya akan menjadi role model komunitas yang akan direplikasikan ke komunitas di daerah lainnya.

"Jadi pas hari ini bertepatan dengan hari lingkungan hidup juga ya, dan temanya juga kendalikan sampah plastik, jadi selain kita tingkatkan kapasitas komunitas ini, juga nanti akan lakukan gerakan aksi memungut sampah plastik di sungai Ciliwung yang melintasi daerah Sempur," tambahnya.

Dengan dikumpulkannya setiap perwakilan KPC, diharapkan nantinya akan ada perubahan perilaku peduli lingkungan di masyarakat, salah satunya dengan pengurangan penggunaan plastik dan pembuangan sampah plastik ke lingkungan terutama sungai.

"Peserta yang hadir hari ini ada sekitar 40 orang dari berbagai perwakilan KPC dari hulu ke hilir,  mulai dari Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, sampai Jakarta," tandasnya.

Pantauan Trubus.id di lokasi, saat ini setiap perwakilan KPC sedang memaparkan program kerja yang sudah mereka lakukan secara bergantian.




Sumber ( https://news.trubus.id/baca/18156/klhk-rayakan-hari-lingkungan-hidup-bersama-komunitas-peduli-ciliwung)

  >> Ke Indeks Berita 

Link

Polling

  Berapa banyak pohon yang anda tanam dalam setahun?
1 - 5 pohon
5 - 10 pohon
10 - 15 pohon
lebih dari 15 pohon
tidak menanam pohon