Peduli Kelestarian Hutan, PLN Tanam 32 Ribu Pohon di Seluruh Indonesia

AKURAT.CO, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menggelar program penanaman pohon di Indonesia, Selasa (5/6). Penanaman pohon ini dilakukan di 32 unit operasionalnya di Indonesia dengan jumlah pohon yang ditanam sebanyak 32 ribu pohon.

Di  Kota Pontianak, Kalimantan Barat, penanaman pohon dilakukan oleh PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (PLN UIP Kalbagbar) di hutan kota Arboretum Sylva Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak.

General Manager PLN UIP Kalbagbar, Rachmad Lubis, mengatakan kegiatan penanaman pohon ini merupakan bentuk kepedulian PLN terhadap kelestarian hutan di Indonesia.

"Terutama dalam upaya kami untuk mencegah efek rumah kaca dan mengurangi dampak pemanasan global yang kami tuangkan dalam program CSR PLN Peduli melalui pelaksanaan penanaman pohon,"  kata Rachmad Lubis.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim dan LH) Kalimantan Barat, Adi Yani, menjelaskan program penanaman pohon oleh PLN tidak hanya memberikan manfaat dan dampak positif bagi kelestarian lingkungan sekitar. Akan tetapi, berkontribusi lebih lanjut untuk memberikan sarana edukasi bagi civitas akademika khususnya Untan dalam mengembangkan kegiatan penelitian terutama di bidang kehutanan.

"50 bibit pohon akan ditanam di lokasi Arboretum Sylva, sedangkan 950 pohon lainnya akan ditanam di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KDTK) yang dikelola oleh UNTAN di Kabupaten Landak. Kami sangat senang dengan kegiatan ini, yang bukan hanya dalam bentuk upacara atau kegiatan seremonial saja, namun terdapat aksi nyata yaitu dengan melakukan penanaman pohon sebanyak 1.000 pohon," kata Adi Yani.

Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN I Made Suprateka menyebut, PLN sebagai perusahaan yang bergerak di bidang energi listrik tentu harus bertanggungjawab melestarikan lingkungan sekitar. Program penanaman pohon ini dilakukan secara berkala oleh seluruh unit di PLN. Semoga program ini juga dapat menunjang unit-unit PLN dalam peraihan PROPER dari KLHK sehingga dapat mempertahankan gelar PROPER Hijau dan bahkan memotivasi untuk memperoleh PROPER Emas.

"Total dana yang digelontorkan PLN Peduli untuk penanaman 32.000 pohon sebesar Rp 4,64 Milyar. Dana tersebut selain untuk penanaman pohon dipergunakan pula untuk pemerliharaan pohon agar tetap tumbuh dengan baik," kata I Made Suprateka.

Sementara, total target penanaman pohon yang dilaksanakan unit PLN se-Indonesia sepanjang tahun 2018 adalah sebanyak 56.0000 pohon dan akan terus bertambah setiap tahunnya.



Sumber ( http://akurat.co/ekonomi/id-238599-read-peduli-kelestarian-hutan-pln-tanam-32-ribu-pohon-di-seluruh-indonesia)

  >> Ke Indeks Berita 

Link

Polling

  Berapa banyak pohon yang anda tanam dalam setahun?
1 - 5 pohon
5 - 10 pohon
10 - 15 pohon
lebih dari 15 pohon
tidak menanam pohon