Di Hari Batik Nasional, Indramayu Luncurkan Batik Mangrove Ramah Lingkungan

Trubus.id -- Setiap tanggal 2 Oktober, rakyat Indonesia memperingati Hari Batik Nasional. Hari ini pun kerap dijadikan momentum bagi masyarakat untuk melestarikan budaya batik yang telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan dunia ini. 

Sebagai upaya dalam melestarikan kain batik, sekaligus melestarikan lingkungan pesisir, Pertamina RU VI Balongan bekerja sama dengan kelompok Jaka Kencana (Rumah Berdikari) menciptakan inovasi dengan menghasilkan batik dengan motiv mangrove jenis Rhizophora sp dan Criops sp.

Menariknya lagi, pewarna batik yang digunakan juga ramah lingkungan karena berasal dari pewarna alami.

"Pertamina berharap, inovasi batik dengan motif dan pewarna alami mangrove ini, dapat mengingatkan pemakainya, untuk selalu menghargai lingkungan hidup dan budaya bangsa," terang Unit Manager PT Pertamina (Persero) RU VI Balongan, Rusam Aji, di Indramayu, Jawa Barat, Selasa (2/10).

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua Kelompok Jaka Kencana Desa Karangsong, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Abdulatif. Ia mengatakan bahwa Indramayu merupakan salah satu sentra penghasil batik di Indonesia. Tak hanya berkiprah di dalam negeri, kain batik yang dihasilkan Indramayu telah merambah pasar internasional.

Lebih lanjut dikatakan Abdulatif, ada yang mengusik relung hatinya dari pembuatan batik selama ini. Kegundahan itu karena selama ini, para pembatik menggunakan bahan-bahan kimia yang limbahnya dapat mencemari lingkungan. 

"Kondisi ini yang membuat saya prihatin," ungkapnya lagi.

Di sisi lain, dia pun melihat potensi lingkungan di kawasan pesisir yang begitu melimpah. Yakni kawasan hutan mangrove. Sebagaimana diketahui, hutan mangrove mampu menghasilkan buah yang dapat dijadikan bahan pewarna alami. 

"Buah mangrove itu kan jarang dimanfaatkan, kecuali ada program penghijauan," tuturnya.

Karena potensi buah mangrove yang melimpah inilah akhirnya ia ingin membuat pewarna batik alami yang aman untuk lingkungan. [RN]




Sumber ( https://news.trubus.id/baca/22227/di-hari-batik-nasional-indramayu-luncurkan-batik-mangrove-ramah-lingkungan)

  >> Ke Indeks Berita 

Link

Polling

  Berapa banyak pohon yang anda tanam dalam setahun?
1 - 5 pohon
5 - 10 pohon
10 - 15 pohon
lebih dari 15 pohon
tidak menanam pohon