Demi Jaga Lingkungan, Tiap Bulan Komunitas Ini Rutin Tanam Pohon

MENJAGA kelestarian alam tidaklah mudah. Butuh dukungan dari berbagai pihak baik masyarakat luas hingga pemerintah.

Kurangnya kepedulian masyarakat awam terkait pentingnya menjaga kelestarian alam makin diperparah dengan aksi orang-orang yang tak bertanggungjawab yang demi ambisi pribadi merusak alam.

Berangkat dari keinginan untuk mengedukasi, sekaligus menanamkan rasa kepedulian terhadap lingkungan, akhirnya lahirlah Komunitas Hijau Untuk Bumi Indonesia (Kubina) Batam.

Sejak 2007, sekelompok orang yang memiliki concern terhadap perlindungan alam itu pun mulai melakukan berbagai kegiatan untuk memperbaiki kondisi alam di Batam. Mulai menanam pohon untuk penghijauan hutan, maupun penanaman pohon di areal hutan bakau. Puncaknya, adalah terjadinya musim kering di Batam tahun sebelumnya.

"Masalah lingkungan ini tidak bisa dilepaskan ke beberapa orang saja atau pemerintah saja. Tapi harus bersama-sama. Awalnya kami hanya beberapa orang, sampai pada 2015 lalu Komunitas ini kami legalkan," ujar Wakil Ketua Kubina Batam, Zul Alimin.

Memiliki anggota sekitar 20 orang, komunitas ini terdiri dari para pekerja juga pelajar. Mereka sudah pernah melakukan penanaman pohon di beberapa hutan di Batam. Tak terkecuali di dekat daerah resapan air.

"Kami fokus menanam di semua titik Batam. Seperti di Sei Ladi, Muka Kuning, Duriangkang dan area mangrove. Kegiatan rutin kami memang ada dua, kegiatan lingkungan dan sosial," ucapnya.
Kegiatan penanaman pohon merupakan agenda kegiatan

lingkungan untuk penghijauan hutan-hutan yang rusak.

"Kegiatan menanam pohon itu tiap bulan kami lakukan. Prioritasnya di area hutan yang dekat dengan sumber air masyarakat. Dana kegiatan biasanya langsung dari anggota saja," tuturnya.

Untuk pohon yang ditanam juga beragam. Mulai pohon beringin, angsana, ketapang juga pohon mahoni. Dan beberapa pohon yang menjadi ciri khas di Batam, contohnya pohon merah.

"Disebut pohon merah karena batangnya besar dan berwarna merah," ujarnya.

Rutin Bagi Sarapan hingga Kunjungi Sekolah

TAK cuma kegiatan menanam pohon, Komunitas Kubina juga kerap melakukan sejumlah kegiatan sosial. Beberapa di antaranya adalah fogging, Kubina goes to School dan sapa salam.

Wakil Ketua Kubina Batam, Zul Alimin mengungkapkan, sapa salam merupakan kegiatan berbagi sarapan pagi dan sarapan malam di hari Minggu.

"Biasanya kami pergi menyusuri sungai untuk berbagi makanan ke pemulung. Atau ke loper koran dan banyak lagi. Kenapa sarapan malam, karena ada sebagian mereka yang kerjanya mulai malam hari," jelasnya.

Sementara kegiatan Kubina goes to School merupakan kegiatan yang memberikan pengetahuan dan pentingnya menjaga juga melestarikan lingkungan.

"Sejauh ini yang sudah pernah kami sambangi itu sekolah dasar, SMA dan beberapa kampus. Kami berharap dengan begini semakin banyak masyarakat yang peduli lingkungan," ucapnya.

Gandeng Komunitas Lain Kampanyekan Peduli Lingkungan

DALAM mengampanyekan pentingnya kepedulian terhadap lingkungan, Kubina Batam selalu menggandeng komunitas lain di Batam.

Menurut Zul Alimin alasannya karena untuk mengampanyekan kepedulian lingkungan tersebut harus dilakukan bersama-sama.

"Kami sering menggelar kegiatan bersama komunitas lain yang bergerak di bidang yang sama," ucapnya.
Humas Kubina Batam, Yopta Eka Saputra mencontohkan kerjasama yang pernah dilakukan tersebut yakni yang pernah dilakukan bersama Marinir, Mapala Universitas Ibnu Sina dan lainnya.

"Tahun 2016 kami pernah melakukan penanaman pohon di tapal batas pulau terluar di Batam bersama Marinir. Dengan Mapala Ibnu Sina juga sudah beberapa kali turun menanam pohon di Sei Ladi. Bahkan kami pernah juga kampanye soal lingkungan bersama komunitas rumah pohon lewat jalur seni," ucap Yopta.

Satu di antara kerjasama yang pernah dilakukan bersama komunitas lain yakni saat menggalang solidaritas petani kendeng di Kabupaten Pati. Yakni, saat para petani tersebut menyuarakan penghentian izin pabrik semen di sana.

"Mencintai lingkungan itu harus dilakukan lintas masyarakat dan daerah. Banyak kebijakan ditunda karena elemen masyarakat yang bergerak. Penting semangatnya, dan ini jadi bahan pembelajaran juga buat kami, jangan sampai hal serupa terjadi di sini," tutur Yopta.

Bagi yang ingin memberikan andil terhadap kelestarian lingkungan silakan bergabung dengan Komunitas tersebut dengan cara mengakses di media sosial Kubina Batam.



Sumber ( http://batam.tribunnews.com/2018/04/09/demi-jaga-lingkungan-tiap-bulan-komunitas-ini-rutin-tanam-pohon)

  >> Ke Indeks Berita 

Link

Polling

  Berapa banyak pohon yang anda tanam dalam setahun?
1 - 5 pohon
5 - 10 pohon
10 - 15 pohon
lebih dari 15 pohon
tidak menanam pohon