KIIC dan Kodim Tanam 300 Bibit Pohon di Bantaran Sungai Citarum

KARAWANG-Sedikitnya 300 pohon ditanam di bantaran Sungai Citarum yang dipusatkan di Kelurahan Tanjungmekar, Kecamatan Karawang Barat, Rabu (11/4/2018). Selain itu, dilakukan juga kegiatan pembersihan masal sampah yang ada di areal bantaran sungai Citarum.

Penanaman dilakukan oleh kawasan industri KIIC ( PT Maligi Perma IE ) bekerjasama dengan sejumlah Tenant Association bersama Dinas Lingkungan Hidup ( DLHK ) Kabupaten Karawang dan Kodim 0604 Karawang.

"Sebagaimana kita ketahui semua, bahwa kondisi ekosistem sungai Citarum sudah sangat memprihatinkan. Sungai ini termasuk sungai terjorok didunia,"kata Humas KIIC,Bambang Sugeng, dalam sambutannya. 

Penghijauan di bantaran Sungai Citarum itu, kata Bambang, merupakan bukti dukungan KIIC terhadap program nasional Citarum Bestari.

"Untuk itu perlu segera tindakan pemulihan secara terpadu yaitu dengan penataan sungai Citarum," ucapnya. 

Perlu diketahui, lanjut Bambang, kegiatan penghijauan terus dilakukan KIIC dengan memproduksi bibit pohon tanaman pelindung dan tanaman langka di Telaga Desa. Sebanyak 31.189 bibit pohon diproduksi dan  tahun 2017 sebanyak 30.582 bibit pohon yang sudah ditanam di dalam maupun di luar Kawasan 

"Program Penghijau yang saat ini dilaksanakan sebanyak 300 bibit pohon ditanam bersama dengan perusahaan yang menjadi anggota Telaga Desa," katanya. 

Menurutnya, perusahaan yang bergabung dengan Telaga Desa memiliki kontribusi yang sama dengan menunjukkan kepeduliannya terhadap gerakan penghijauan.

"Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat menmgkatkan penghijauan di bantaran sungai Citarum yang sekaligus dapat mencegah kerusakan lahan maupun bencana yang tidak kita harapkan," ungkapnya.

Sementara, Dandim 0604 Karawang, Letkol. Arm. Ayi Yossa KW, menambahkan, menyambut baik program yang dilakukan pihak KIIC. 

"TNI saat ini dberi mandat untuk melakukan pemulihan ekosistem sungai Citarum. Karena saat ini kondisi sungai Citarum sangat memprihatinkan," kata Ayi.

Program pelestarian lingkungan, seperti  yang dilakukan KIIC perlu didukung untuk memulihkan ekosistem Citarum. 

"TNI khususnya Kodim siap memback up dibelakang, dibantu Kepolisian yang kewenangannya dalam menindak pelaku perusakan ekosisten Citarum," ujarnya. 

Acara diakhiri dengan melakukan penanaman pohon Mangga dan kayu Merbau di areal bantaran Citarum. Semua pihak yang hadir bahu membahu bersama warga menanam pohon sekaligus melakukan bersih-bersih masal di bantaran sungai Citarum.



Sumber ( http://portaljabar.net/web/9059/KIIC-dan-Kodim-Tanam-300-Bibit-Pohon-di-Bantaran-Sungai-Citarum.html)

  >> Ke Indeks Berita 

Link

Polling

  Berapa banyak pohon yang anda tanam dalam setahun?
1 - 5 pohon
5 - 10 pohon
10 - 15 pohon
lebih dari 15 pohon
tidak menanam pohon