Dorong Pelestarian Hutan Mangrove untuk Menyelamatkan Habitat Pesisir

INDOPOS.CO.ID - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) bekerjasama dengan WWF-Indonesia melaksanakan program mangrove di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon.

Executive Vice President Corporate Social Responsibility (CSR) BCA, Inge Setiawati mengatakan ekosistem mangrove di Indonesia turut memegang peranan penting sebagai pencegah abrasi juga penjaga keseimbangan habitat di wilayah pesisir seperti biota laut, reptil juga burung.

"Mengingat begitu pentingnya fungsi dan peran ekosistem mangrove, kami mendorong upaya-upaya pelestarian hutan mangrove guna menstabilkan kondisi lingkungan dan menyelamatkan habitat pesisir," katanya, melalui keterangan tertulisnya, Selasa (15/5).

Upaya penanaman mangrove yang dilakukan BCA tersebut merupakan tindak lanjut dari penanaman yang sudah terlaksana sebelumnya di berbagai lokasi ekowisata.

"Total 18 ribu bibit pohon mangrove yang sudah ditanam, dan akan memperbaiki berbagai habibat terutama di kawasan ekowisata," ucapnya.

Sementara itu, Project Leader WWF Ujung Kulon, Kurnia Khairan menjelaskan bahwa dukungan BCA yang bertujuan untuk merehabilitasi kawasan mangrove yang terdegradasi akibat abrasi sehingga diharapkan dapat memperbaiki konektivitas antara Semenanjung Ujung Kulon dengan daratan Pulau Jawa yang terancam putus.

"Jika konektivitas ini terputus, maka akan mengancam proses mobilisasi dan pengembangan populasi yang sehat bagi badak jawa, untuk itu, rehabilitasi kawasan mangrove yang ada di blok ini menjadi sangat penting," bebernya.



Sumber ( https://indopos.co.id/read/2018/05/15/138063/dorong-pelestarian-hutan-mangrove-untuk-menyelamatkan-habitat-pesisir)

  >> Ke Indeks Berita 

Link

Polling

  Berapa banyak pohon yang anda tanam dalam setahun?
1 - 5 pohon
5 - 10 pohon
10 - 15 pohon
lebih dari 15 pohon
tidak menanam pohon