Camp Fire Care di Gunung Ciremai

Kuningan, 5 Juni 2018. Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) memiliki berbagai keunikan, yang melahirkan sejuta pesona untuk dikagumi. Satu diantaranya adalah hamparan padang rumput, yang terbentuk di atas bebatuan lelehan larva letusan gunung api Ciremai. Namun di balik hamparan pesona keindahan tersebut, kawasan TNGC tidak luput dari ancaman kebakaran hutan.

Sobat Ciremai, bisa dikatakan pada tahun-tahun sebelumnya, kebakaran hutan di TNGC terjadi hampir setiap tahun. Hal ini didukung oleh keberadaan bahan bakar alami berupa rumput semak belukar yang terhampar 1.000 ha. Camp Fire Care adalah salah satu upaya yang di lakukan oleh Polisi Kehutanan TNGC dalam rangka mencegah terjadinya kebakaran hutan yang melibatkan masyarakat sekitar kawasan hutan, bahkan juga pengunjung yang datang ke kawasan TNGC. Lokasi Camp Fire Care berada di daerah rawan kebakaran hutan blok Kubang Bukit Seribu Bintang, desa Padabeunghar, Pasawahan, Kuningan.

Kegiatan ini berupa kemah wisata, dimana pengunjung dibekali dengan materi berupa pengenalan alat pemadam kebakaran hutan, pendidikan lingkungan akan bahaya kebakaran hutan dan pemulihan ekosistem pasca kebakaran hutan. Sehingga pengunjung merasa gembira, paham, peduli dan bangga ikut serta melestarikan hutan dari bahaya kebakaran.

Ayo, ikut serta dalam Camp Fire Care sebagai bentuk peduli kita terhadap bahaya kebakaran hutan.



Sumber ( http://www.menlhk.go.id/berita-10881-camp-fire-care-di-gunung-ciremai.html)

  >> Ke Indeks Berita 

Link

Polling

  Berapa banyak pohon yang anda tanam dalam setahun?
1 - 5 pohon
5 - 10 pohon
10 - 15 pohon
lebih dari 15 pohon
tidak menanam pohon