Perhutani Berikan Hak Pengelolaan Lahan kepada Petani

PERUM Perhutani memberikan hak pengelolaan lahan selama 35 tahun pada petani di Kampung Sarongge, Desa Ciputri, Kecamatan Pacet, Cianjur, Jawa Barat.

Terkait kebijakan izin perhutanan sosial, merupakan bagian dari reforma agraria yang dikampanyekan Presiden Joko Widodo melalui program Nawa Cita, ungkap Tosca Santoso, aktivis Sarongge di Cianjur, Selasa.

Hal tersebut, ungkap dia, pertama kali diberikan pada petani di Sarongge untuk mengelola lahan milik perhutani bukan sebagai hak milik selama 35 tahun.

"Cianjur sangat tepat mendapatkan program reforma agraria dalam Nawa Cita Presiden RI Joko Widodo karena sebagian besar penduduknya hidup dari pertanian yang bergantung pada lahan," katanya.

Dia menilai selama kepemimpinan di negara ini, baru Presiden Jokowi yang sudah memberikan lahan untuk petani hingga 3,1 juta hektare tersebar di seluruh Indonesia, termasuk ide penggunaan lahan perhutanan sosial.

"Kenapa harus Jokowi karena memang baru kali ini Presiden RI secara serius memberikan lahan untuk petani secara besar-besaran meskipun pada zaman presiden sebelumnya program tersebut sudah ada," katanya.

Sehingga, tambah dia, program tersebut harus terwujud hingga tuntas karena pemerintah menargetkan redistribusi tanah lebih banyak pada tahun selanjutnya.

"Jokowi harus menuntaskan persoalan perhutanan sosial yang manfaatnya dirasakan bagi petani di Cianjur. Sehingga perlu dua periode untuk Jokowi memimpin negeri ini agar petani sejahtera," katanya.




Sumber ( http://www.galamedianews.com/daerah/199403/perhutani-berikan-hak-pengelolaan-lahan-kepada-petani.html)

  >> Ke Indeks Berita 

Link

Polling

  Berapa banyak pohon yang anda tanam dalam setahun?
1 - 5 pohon
5 - 10 pohon
10 - 15 pohon
lebih dari 15 pohon
tidak menanam pohon