Koramil 0904/Paseh Bersama Kelompok Tani Hutan Kembali Gelar Penanaman Pohon di Kamojang

JAJARAN TNI dari Koramil 0904/Paseh, Kodim 0609/Kabupaten Bandung bersama kelompok tani hutan Kamojang melaksanakan gerakan tanam pohon di kawasan pegunungan Kamojang, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, Senin (3/12/2018).

Gerakan penghijauan itu sudah menjadi program rutin TNI bersama masyarakat dalam melestarikan lingkungan. Penanaman pohon itu dalam upaya mengembalikan fungsi hutan atau gunung sebagai daerah hijau dan tangkapan air hujan.

Apalagi saat ini sudah memasuki musim hujan, sehingga diharapkan tanaman kayu yang ditanam itu tumbuh subur. Harapan lainnya dapat mengurangi atau meminimalisir ancaman banjir yang terjadi di daerah aliran Sungai Citarum.

"Kami bersama warga yang berasal dari Kelompok Tani Hutan Kamojang melaksanakan penyulaman tanam pohon di Blok Pasir Luhur Kamojang. Sebelumnya, kami sempat melaksanakan penanaman pohon, sehinga pada musim kemarau lalu diperkirakan ada tanaman atau pohon yang sudah ditanam mati," kata Danramil 0904/Paseh Kapten Inf. Toto Toha Sobana kepada galamedianews.com di Mako Koramil 0904/Paseh, Senin.

Toto menyatakan, sampai dengan hari Senin ini sudah melaksanakan penanaman 7.500 pohon dari yang direncanakan 12.000 pohon. "Tentunya, ribuan pohon yang kita tanam itu merupakan bibit pohon endemik dari berbagai macam jenis," jelasnya.

Gerakan penghijauan di kawasan Kamojang turut dilaksanakan Forum Komunikasi Pecinta Alam Kabupaten Bandung, bersama komunitas, pelaku seni dan lain-lain. Mereka melaksanakan penanaman pohon di kawasan Kamojang itu untuk memanfaatkan musim hujan, dengan harapan tanaman pohon yang ditanam tumbuh subur.

Begitu juga dengan yang dilaksanakan Kanit Binmas Polsek Ibun Aiptu Nunuh Sutisna beberapa waktu lalu. Ia sudah bertahun-tahun melaksanakan gerakan penghijauan di kawasan Kamojang dalam upaya memulihkan lahan kritis.

Dalam melaksanakan penanamannya, selain dilaksanakan seorang diri, Nunuh bersama-sama dengan berbagai komunitas dan pelajar dalam melaksanakan gerakan  penanaman pohon. Gerakan penanaman pohon yang dilaksanakan mereka itu di kawasan Cukang Monteng dan Curug Madi, Kecamatan Ibun.

Nunuh mengatakan, sejak 2016 sampai 2017, sudah melaksanakan penanaman pohon mencapai 5.000 pohon. Ribuan pohon yang ditanam itu melibatkan berbagai pihak yang peduli terhadap lingkungan. Belum lagi sekitar 2.000 pohon yang ditanam jajaran Polsek Ibun.

"Secara keseluruhan, mencapai 7.000 pohon dari berbagai jenis yang ditanam pada lahan seluas puluhan hektare  itu, mulai jenis pohon raksama, kibadak, kiara, baros dan jenis pohon lainnya. Namun sebagian pohon yang ditanam itu mati, diduga karena kurang pemeliharaan dan penyiraman disaat memasuki musim kemarau," katanya.

Nunuh yang dikenal "manusia pohon" ini mengajak kepada masyarakat untuk melaksanakan penanaman pohon di kawasan Kamojang. "Pohon yang sudah ditanam untuk dijaga dan dipelihara supaya tumbuh hijau dan lestari," harapnya.

Saat tidak ada hujan atau musim kemarau, ia pun sempat mengajak masyarakat untuk melakukan penyiraman pohon yang sudah ditanam.

"Saya pun sempat mendampingi sejumlah siswa SMA/SMK serta komunitas lainnya yang hendak menanam maupun yang memelihara tanaman tersebut.  Itu sebagai bentuk kepedulian mereka terhadap lingkungan," ungkapnya.

Ia pun turut mengapresiasi para penggiat kingkungan tersebut dalam upaya melestarikan lingkungan. Mereka pun tak memedulikan lereng yang terjal dan menanjak saat melaksanakan gerakan penghijauan. Mengingat di kawasan hutan Kamojang itu berbukit-bukit.

"Kita membutuhkan kerja keras untuk menghijaukan kawasan hutan Kamojang tersebut," pungkasnya.

Editor: H. Dicky Aditya




Sumber ( http://www.galamedianews.com/bandung-raya/208183/koramil-0904paseh-bersama-kelompok-tani-hutan-kembali-gelar--penanaman-pohon-di-kamojang.html)

  >> Ke Indeks Berita 

Link

Polling

  Berapa banyak pohon yang anda tanam dalam setahun?
1 - 5 pohon
5 - 10 pohon
10 - 15 pohon
lebih dari 15 pohon
tidak menanam pohon