Dinas Kehutanan Prov Jabar

Kota Bandung Targetkan Penambahan RTH 1% Dalam 5 Tahun

BANDUNG-Pemerintah Kota Bandung dalam 5 tahun ke depan menargetkan 1% penambahan Ruang Terbuka Hijau atau RTH, dari total luas Kota Bandung 16 ribu hektar lebih. Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung Dadang Dharmawan menyebutkan dalam satu tahun harus tercapai sekitar 0,2% penambahan RTH.

"Berarti kita menargetkan sekitar 0 koma 2 persen dalam setahun, harus ada penambahan rth" katanya di acara Bandung Menjawab di Balaikota Bandung, Kamis (31/1/2019).

Pekerjaan menambah RTH di Kota Bandung bukan lagi pekerjaan yang mudah. Kenurut Dadang kini penambahan RTH terkait dengan harga tanah dan ketersediaan lahan.

"Bukan pekerjaan yang mudah ubtuk menambah rth, karena harga tanah saat ini mencapai lebih dari 2 juta per meter dan ketersediaan lahan yang semakin sempit. Oleh karena itu kita berupaya mencari solusinya" ujar Dadang.

Salah satu solusinya adalah dengan memanfaatkan lahan yang tidak atau belum terpakai dan taman-taman Kota. Saat ini menurut Dadang sebaran RTH di Kota Bandung belum merata.

"Yang paling banyak saat ini berada di kawasan Utara dan Timur, sementara kawasan Barat dan Selatan masih sangat kurang" jelasnya.

Total RTH yang sudah ada di Kota Bandung baru mencapai sekitar 12% dari total luas Kota Bandung seluas lebih dari 16 ribu ha, atau baru sekitar 3000 ha. (Pun)



Sumber ( http://jabarprov.go.id/index.php/news/31650/2019/01/31/Kota-Bandung-Targetkan-Penambahan-RTH-1-Dalam-5-Tahun)

Telah Dibaca:75 Kali

Link

Polling

  Berapa banyak pohon yang anda tanam dalam setahun?
1 - 5 pohon
5 - 10 pohon
10 - 15 pohon
lebih dari 15 pohon
tidak menanam pohon


Home   Contact   Email   LogIn



Copyright © 2019 Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat