Dinas Kehutanan Prov Jabar

Tahura Ir. H. Djuanda Dago Bandung Akan Berubah Jadi BLUD

Jum'at, 4 Januari 2008
BANDUNG - Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda (Tahura) adalah kawasan konservasi yang terpadu antara alam sekunder dengan hutan tanaman dengan jenis Pinus (Pinus merkusil) yang terletak di Sub-Daerah Aliran Sungai Cikapundung dan DAS Citarum yang membentang mulai dari Curug Dago, Dago Pakar sampai Maribaya yang merupakan bagian dari kelompok hutan Gunung Pulosari.

Tahura merupakan bagian dari daerah cekungan Bandung yang memiliki latar belakang sejarah yang erat kaitannya dengan zaman purba hingga sekarang. Kondisi alam ini menjadikan Tahura sangat baik sebagai lokasi pariwisata alam dan juga sebagai sarana tempat untuk pengembangan pendidikan lingkungan.

Tahura mempunyai fungsi sebagai pemeliharaan tata air, pelestarian aneka ragam flora dan fauna serta mempunyai keunikan panorama alam yang dapat dimanfaatkan untuk konservasi, koleksi, edukasi serta rekreasi alamdan sejarah.

Iwa Karniwa Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat, didampingi Yerry Yanuar (Kepala BKD Provinsi Jawa Barat) dan Epi Kustiawan (Kadishut Provinsi Jawa Barat) di Kantor Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, mengatakan untuk mempermudah pengembangan Tahura pihaknya akan mendorong Tahura menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Yang mana langkah ini sudah dalam proses sehingga Sekda meminta seluruh stakeholder terkait agar terus proaktif. Direncanakan, perubahan ini selesai di tri semester pertama tahun 2019 ini.

"Langkah-langkah kedepan supaya lebih fleksibel dalam pengembangannya, Tahura akan dikembangkan menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Sekarang dalam proses, oleh karena itu semua stakeholder harus proaktif," kata Iwa usai memimpin apel pagi di Kantor Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, Bandung, Senin (4/2/2019).

Langkah-langkah dalam pembentukan BLUD menurut Iwa sudah mulai dirintis Pemerintah Provinsi Jawa Barat, sehingga ia meminta seluruh stakeholder terkait agar terus proaktif.

"Saya sudah disposisi kepada Biro Organisasi, supaya di triwulan pertama ini harus menjadi BLUD, supaya kerjasamanya kepala balai nanti lebih fleksibel," tegas Iwa.

Menurut Iwa, langkah tersebut, dalam rangka mendukung target Jawa Barat memiliki hutan seluas 12.000 hektare.

"Ke depan, lahan tidak produktif akan dihutankan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Perhutanan, bekerja sama dengan Dinas Kehutanan. Dengan upaya tersebut, diharapkan di 2019 ini, penggantian lahan akan rampung paling tidak mencapai 7.000 hektare. Hal tersebut sebagai tahap pertama dari perintisan",  pungkas Iwa. (Arus)


Sumber ( http://m.sinarpaginews.com/ekonomi/16598/tahura-ir-h-djuanda-dago-bandung-akan-berubah-jadi-blud.html)

Telah Dibaca:157 Kali

Link

Polling

  Berapa banyak pohon yang anda tanam dalam setahun?
1 - 5 pohon
5 - 10 pohon
10 - 15 pohon
lebih dari 15 pohon
tidak menanam pohon


Home   Contact   Email   LogIn



Copyright © 2019 Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat