Dinas Kehutanan Prov Jabar

Cabang Dinas Kehutanan Wilayah VII Gelar Sosialisasi IPHHK

BERITA CIAMIS, (priangannews.com) Peningkatan kemampuan dan keterampilan petugas operator pada Izin Pemungutan Hasil Hutan Kayu (IPHHK) dalam rangka pelaksanaan Rencana Pemenuhan Bahan Baku Inustri (RPBBI) online terus dilakukan. Hal itu diungkapkan Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah VII, Fajar Abdillah, di kantornya, Selasa (11/6/2019).

Salah satu caranya adalah dengan menggelar sosialisasi Penyusunan Rencana Pemenuhan Bahan Baku Industri Primer Hasil Hutan Kayu. Sosialisasi tersebut telah digelar pada Rabu (29/5/2019) di Kota Banjar.

Sebanyak 109 Petugas Operator Pelaksana Rencana Pemenuhan Bahan Baku Inustri (RPBBI) online pada Izin Pemungutan Hasil Hutan Kayu (IPHHK) mengikuti sosialisasi Penyusunan Rencana Pemenuhan Bahan Baku Industri Primer Hasil Hutan Kayu, di Ruang Pertemuan Pajajaran Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 3, Kota Banjar.

Acara yang berlangsung selama satu hari itu, digelar oleh Cabang Dinas Kehutanan Wilayah VII, Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat dengan berdasar pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 3 Tahun 2008 tentang Perubahan atas PP Nomor 6 Tahun 2007.

Fajar mengatakan, bahwa kegiatan tersebut mempunyai empat tujuan diantaranya terwujudnya peningkatan kemampuan dan keterampilan petugas operator pada IPHHK dalam rangka pelaksanaan RPBBI online.

"Kedua, terwujudnya penyampaian RPBBI dan laporan bulanan realisasi RPBBI secara tertib, lancar dan tepat waktu. Ketiga, Terlaksananya pembinaan dan pengendalian pelaksanaan RPBBI," kata Fajar.

Dan yang keempat, lanjut Fajar, dengan sosialisasi tersebut diharapkan tersedianya data dan informasi pemenuhan serta pemanfaatan bahan baku serta produksi kayu olahan yang dapat diakses oleh publik atau masyarakat umum.

Narasumber dalam sosilisasi itu berasal dari Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hutan Direktorat Jenderal Pengelolaan Hutan Produksi Lestari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Fajar juga menjelaskan, sosialisasi ini menggunakan metode ceramah atau persentasi dari narasumber ditambah dengan tanya jawab dan pemberian kuis.

"Sedangkan materi yang disampaikan dalam sosilisasi ini yakni tentang kebijakan penyusunan RPBBI serta teknik punyusunan dan penyampaian RPBBI secara elektronik," ucap Fajar. (Boy)



Sumber ( http://www.priangannews.com/blog/2019/06/11/cabang-dinas-kehutanan-wilayah-vii-gelar-sosialisasi-iphhk/)

Telah Dibaca:204 Kali

Link

Polling

  Berapa banyak pohon yang anda tanam dalam setahun?
1 - 5 pohon
5 - 10 pohon
10 - 15 pohon
lebih dari 15 pohon
tidak menanam pohon


Home   Contact   Email   LogIn



Copyright © 2019 Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat