Dinas Kehutanan Prov Jabar

Selasa Ini, Macan Kumbang dari Subang Dilepasliarkan

KUNINGAN, (PR).- Jika tidak ada halangan berarti, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Barat didukung Balai Taman Nasional Gunung Ciremai ini akan melepasliarkan seekor macan kumbang jantan ke dalam kawasan hutan Gunung Ciremai, Selasa, 9 Juli 2019.

Pelepasliaran binatang buas itu rencananya akan dilakukan di Blok Leuweung Saeutik, bawahan Blok Gunung Dulang, pada ketinggian sekitar 1.127 meter di atas permukaan laut lereng utara Gunung Ciremai.

Seperti diberitakan Pikiran Rakyat, macan kumbang (macan tutul berbulu dominan hitam) yang akan dilepasliarkan ke gunung berapi tertinggi di Jawa Barat (3.078 mdpl) itu adalah macan yang keluar hutan dan tertangkap di permukiman penduduk Kampung Cimalingping, Desa Sindangsari, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang pada 1 Juni 2019.

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai, Kuswandono, menyebutkan bahwa macan tersebut hingga Senin, 8 Juli 2019, masih diamankan BBKSDA sementara di Pusat Penyelamatan Satwa Cikananga, Kabupaten Sukabumi. Macan tersebut baru akan dibawa dari PPS Cikananga menuju ke lokasi pelepasliaran Selasa pagi ini.

Kepala Bidang Wilayah 2 Soreang lingkup BBKSDA Jabar Pupung Purnawan menyatakan, macan tersebut terbilang masih berusia muda. Diperkirakan, usianya lima tahun.

Pupung Purnawan juga menyatakan kondisi macan saat ini sehat, dan mampu hidup normal secara alami di alam bebas. Selain itu berdasarkan kajian tim, kawasan hutan di Gunung Cremai yang dipilih untuk melepasliarkan macan itu pun dinilai secara ekologis memiliki daya dukung untuk kehidupan macan tersebut.***



Sumber ( https://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/2019/07/09/selasa-ini-macan-kumbang-dari-subang-dilepasliarkan)

Telah Dibaca:295 Kali

Link

Polling

  Berapa banyak pohon yang anda tanam dalam setahun?
1 - 5 pohon
5 - 10 pohon
10 - 15 pohon
lebih dari 15 pohon
tidak menanam pohon


Home   Contact   Email   LogIn



Copyright © 2019 Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat