Dinas Kehutanan Prov Jabar

Vaksin Sinovac Dinyatakan Bermutu

JAKARTA - Vaksin Covid 19 produkai Sinovac China dinyatakan bermutu oleh BPOM RI. Hal itu langsung diungkapkan Kepala BPOM RI Penny K Lukito dalam press conference tentang `Pengawalan Keamanan, Khasiat dan Mutu Vaksin Covid 19` melalui media zoom meeting di Jakarta, Kamis (19/11/2020). Didampingi beberapa pihak yang terlibat dalam produksi vaksin tersebut seperti IDI, ITAGI, Puslitbangkes dan Asosiasi KIPI dan Bio Farma, Penny menyatakan penilaian mutu itu setelah tim dari Indonesia termasuk BPOM melakukan kunjungan ke pusat produkai vaksin Sinovac selama sebulan di Beijing.

"Setelah kita lihat produksinya secata teliti, kita nyatakan bahwa vaksin ini dinilai bermutu" katanya.

Namun Penny menyebutkan bahwa proses produksi vaksin tersebut di Indonesia masih harus melalui beberapa tahap termasuk penyelesaian uji klinis terhadap para relawan yang sudah memasuki tahap akhir.

"Kita juga harus menerima laporan dari negara lain dalam hal ini Brazil yang juga melakukan uji klinis di negaranya terhadap vaksin produksi sinovac ini. Insya Allah akan kita terima hasilnya minggu pertama dan kedua Januari 2020" lanjut Penny.

Sementara itu Dirut PT. Bio Farma Honesti Basyir menyatakan bahwa Bio Farma yang akan memprodulsi vaksin Sinovac itu sudah dalam tahap persiapan akhir.

"Karena ini vaksin baru, meskipun kita adalah produsen vaksin, tetap saja harus ada alih teknologi dan itu sudah kita lakukan diantaranya dengan melakukan pelatihan terus menerus terhadap tenaga produksi kita" ujarnya.

Honesti juga menyatakan PT Bio Farma sudah mempersiapkan alat produksinya sesuai standar WHO, kaena produksi vaksin, seperti juga obat tidak boleh ada kesalahan.

"Terimakasih kepada BPOM yang terus mengawal persiapan ini. Hal lain yang berbeda dengan produksi vaksin di luar negeri, produksi vaksin di Indonesia mensyaratkan satu hal lagi yaitu jaminan kehalalan. Hal itu juga sangat kita perhatikan" jelasnya. (Pun)



Sumber ( https://jabarprov.go.id/index.php/news/40252/2020/11/19/Vaksin-Sinovac-Dinyatakan-Bermutu)

Telah Dibaca:7140 Kali

Link

Polling

  Seberapa Sering Anda mengkonsumsi Madu ?
Satu Kali Sehari
Satu Minggu Sekali
Satu Bulan Sekali
Tidak Menentu / Kadang kadang
Tidak Pernah


Home   Contact   Email   LogIn



Copyright © 2019 Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat