Informasi Profil Dinas Kehutanan

Profil Dishut

Sejarah Dinas Kehutanan

Kantor Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat dulunya sebagai Kantor wilayah department Kehutanan Provinsi Jawa Barat dibawah Departement Kehutanan yang bertanggung jawab kepada Menteri Kehutanan. Kantor Wilayah Kehutanan Provinsi Jawa Barat dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan No. 34/Kpts-11/1983 Maret 1983, tentang 'Organisasi tata kerja wilayah di Provinsi' yang dipimpin oleh Kepala kantor Wilayah yang merangkap sebagai Kepala Kantor Wilayah Kehutanan Provinsi DKI Jakarta berdasarkan surat keputusan tanggal 17 maret 1984.
Perangkapan Jabatan kantor wilayah untuk 2 Provinsi ini sementara waktu dianggap tepat, karena Provinsi Jawa Barat merupakan daerah Hulu dari DKI Jakarta dan banyak permasalahan yang pemecahannya berada di daerah Jawa Barat. Dengan demikian, segala pemecahan masalah dapat di selesaikan secara terpadu. Namun demikian mengingat perkembangan pembangunan Kehutanan yang semakin meningkat, keadaan tersebut dianggap kurang efisien baik dalam tata hubungan kerja maupun dalam kelancaran kerja sehari - hari.
Sehubungan dengan pertimbangan tersebut, maka melalui SK.Menteri Kehutanan No.054/Kpts/OP/4/1985 diadakan pemisahan Kantor Wilayah Departement Kehutanan Provinsi Jawa Barat dan Kantor Wilayah Departement Kehutanan DKI Jakarta. Kantor Wilayah Departement Kehutanan Provinsi Jawa Barat termasuk Kantor Wilayah tipe A, merupakan instansi vertical Departement Kehutanan yang berada dibawah Departement Kehutanan dan bertanggung jawab langsung kepada Menteri Kehutanan dan mempunyai tugas pokok dan fungsi Kanwil Departement Kehutanan.

Visi Misi

Sesuai dengan Visi PemerintahProvinsi Jawa Barat tahun 2013-2018 yakni Jawa Barat Maju dan Sejahtera Untuk Semua, maka Visi Dinas Kehutanan Tahun 2013-2018 adalah : HUTAN LESTARI BAGI KESEJAHTERAAN MASYARAKAT.
Meningkatkan Kemantapan Kawasan Hutan dan KeberlangsunganFungsi Kawasan Lindung

Rencana Strategis

Pada tanggal l1 Januari 2020 Kantor Wilayah Departement Kehutanan berubah status menjadi Kantor Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat. Berdasarkan peraturan Pemerintah No.15 tahun 2001 tentang otonomi Daerah, Kantor Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat dibawah pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat dan bertanggung jawab kepada Gurbernur setempat dan dipimpin oleh seorang Kepala Dinas.

Tupoksi

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 21 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Provinsi Jawa Barat serta Peraturan Gubernur Jawa Barat No. 37 Tahun 2009 tentang Tugas Pokok ,Fungsi dan Rincian Tugas Unit dan Tata Kerja Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat mempunyai tugas pokok yaitu menyelenggarakan urusan pemerintahan daerah bidang kehutanan berdasarkan asas otonomi, dekonsentrasi dan tugas pembantuan.
Dalam menyelenggarakan tugas pokok tersebut, Dinas Kehutanan mempunyai fungsi :
  • 1. Penyelenggaraan perumusan, penetapan, pengaturan dan koordinasi serta pelaksanaan kebijakan teknis planologi, konservasi, rehabilitasi hutan dan lahan, produksi dan usaha kehutanan;
  • 2. Penyelenggaraan fasilitasi dan pengendalian pelaksanaan tugas planologi, konservasi, rehabilitasi hutan dan lahan, produksi dan usaha kehutanan;
  • 3. Penyelenggaraan kesekretariatan Dinas;
  • 4. Penyelenggaraan koordinasi dan pembinaan UPTD.

Bantu kami meningkatkan layanan dengan feedback Anda.

Seberapa puas Anda dengan layanan Dinas Kehutanan ?
sangat tidak puas Sangat Tidak Puas
tidak puas Tidak Puas
biasa saja Biasa Saja
puas Puas
sangat puas Sangat Puas
© Copyright 2021 - Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat.