Selamat Datang di Website Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat
Peta Situs  Kontak    Mail    Login   
Rabu,   22 Oktober 2014
 
Waduk Djuanda Kritis

Air Waduk Ir H Djuanda di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, terus turun meski hujan mulai mengguyur Daerah Aliran Sungai Citarum sepekan terakhir. Pada Senin (17/10) pagi, tinggi muka air 90,04 meter, lebih rendah dari kriteria kering, yakni 93,03 meter.

Penurunan muka air waduk memaksa para pembudidaya ikan keramba jaring apung menggeser kolam mereka ke perairan yang lebih dalam. Ratusan pembudidaya di Desa Cibinong, Kecamatan Jatiluhur, misalnya, memindahkan kolamnya ke barat, sementara pembudidaya di Desa Galumpit, Kecamatan Tegalwaru, menggeser petak-petak kerambanya ke arah utara.

Menurut Sudinta (52), pembudidaya ikan di Desa Cibinong, Kecamatan Jatiluhur, muka air terus turun sejak beberapa bulan lalu sehingga kedalamannya kurang ideal untuk usaha budidaya ikan. Sebagian area waduk yang menjadi lokasi budidaya mengering dan kini menjadi ladang penggembalaan sapi dan domba.

Penurunan muka air juga memaksa atlet-atlet pemusatan latihan nasional cabang olahraga dayung memanggul perahu lebih jauh. Dermaga turun dan bergeser lebih dari 20 meter dari lokasi sebelumnya, sementara rute dan lintasan latihan diubah dari utara-selatan menjadi timur-barat.

Sebelumnya, Kepala Biro Pengelolaan Data Sumber Daya Air Perum Jasa Tirta (PJT) II Sutisna Pikrasaleh menyebutkan, dengan rata-rata debit air keluar waduk 140 meter kubik per detik dan air masuk 110 meter kubik per detik, tinggi muka air Waduk Djuanda pada akhir November 2011 mencapai 89,58 meter, mendekati titik kritis 87,5 meter.

Instansi terkait tengah mengupayakan penambahan pasokan, antara lain melalui operasi hujan buatan. Namun, hingga pertengahan Oktober ini, operasi hujan buatan belum diputuskan.

Tim dari PJT II, Kementerian Pekerjaan Umum, BMKG, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, dan Pusat Penelitian Pengembangan Air masih menghitung potensi awan, kecepatan angin, dan kelembaban udara.



:
  • Penyaluran Air Bersih Tercemar LimbahPenyaluran Air Bersih Tercemar Limbah
  • Debit Mata Air Sumber PDAM Menurun Selama 5 Tahun
  • Sungai Cinambo Gersang
  • Sejumlah Perusahaan di Bantaran Kali Bekasi Melanggar Aturan
  • Jangan Bangun Artesis di Jatinangor

    Sumber ( sains.kompas.com)

  •   >> Ke Indeks Berita 




    Polling
      Menurut Anda Populasi pohon di Kota Bandung
    Sangat Banyak
    Cukup Banyak
    Kurang Banyak
    Sedikit
    Sangat Kurang


    Peta Kawasan Hutan
    Pelayanan



     

    Copyright © Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat