Dinas Kehutanan Prov Jabar

Canggihnya Persiapan LIPI Demi Cegah Penyebaran Corona

JAKARTA  (28/5/2020) - Aktivitas perkantoran ASN diperkirakan akan mulai kembali pada tanggal 2 Juni 2020. LIPI telah menyiapkan beberapa produk hasil penelitian terkait pencegahan penyebaran COVID-19 yang akan digunakan pada seluruh area perkantoran LIPI di berbagai kawasan. 

Pertama, Airbone Terminator. untuk disinfeksi udara dan permukaan. Sebuah bilik disinfektan akan dibangun dan kemudian disemprotkan butiran uap air yang mengandung Ozone Nanobubble Water yang akan menangkap dan mematikan virus dan bakteri yang berterbangan di udara dan yang ada di permukaan. "Ozone nanomist secara teknis dapat dipakai untuk menggantikan disinfektan kimiawi di bilik yang telah ada dengan potensi resiko lebih rendah, selama dipakai mengikuti durasi dan ketentuan yang berlaku," jelas Kepala Balai Pengembangan Instrumentasi LIPI, Anto Tri Sugiarto.  

Kedua, Simple-Smart UV-C Sanitizer (Si-SUSan) yaitu alat sterilisasi ruang portable menggunakan sinar UV-C yang dikendalikan secara cerdas untuk sterilisasi virus COVID-19. Yusuf Nur Wijayanto dari Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi LIPI menjelaskan, Si-SUSan memancarkan sinar UV-C untuk menyinari langsung permukaan benda di ruangan. Si-SUSan dapat mengatur beberapa parameter penyinaran melalui pengoperasioan di aplikasi Android. "Si-SUSan dilengkapi sensor keamanan dari aktivitas manusia di sekitarnya. Si-SUsan dikembangkan dengan sangat sederhana, portable, dan murah sehingga dapat digunakan oleh rumah tangga, klinik atau puskesmas, kantor, sekolah dan lain-lain," terang Yusuf.  

Protokoler kesehatan di lembaga penelitian seperti LIPI pada masa pandemi ini juga didukung pula dengan adanya laboratorium Biosafety Level-3 (BSL3) yang diresmikan pada tahun 2018. Manager BSL3 LIPI sekaligus Biosafety Officer (BSO), Ratih Asmana Ningrum menuturkan, dirinya bersama tim telah menyusun suatu sistem keamanan kerja pada penanganan virus SARS CoV-2 bagi semua personil yang terlibat, termasuk petugas administrasi, petugas keamanan, tenaga kebersihan, teknisi sampai peneliti. "Semua sistem tersebut dibuat untuk mencegah laboratory acquired infection atau infeksi yang diperoleh dari laboratorium saat bekerja," ungkap Ratih. (Pun)



Sumber ( https://jabarprov.go.id/index.php/news/37933/2020/05/28/Canggihnya-Persiapan-LIPI-Demi-Cegah-Penyebaran-Corona)

Telah Dibaca:1153 Kali


Polling

  Seberapa Sering Anda mengkonsumsi Madu ?
Satu Kali Sehari
Satu Minggu Sekali
Satu Bulan Sekali
Tidak Menentu / Kadang kadang
Tidak Pernah

Home   Contact   Email   LogIn



Copyright © 2020 Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat